Saturday, September 16, 2006

a little inspirational moment i'd like to share...

"613 tu biasanya lewatnya jam-jaman, Jenx"
kata-kata itu terus terngiang-ngiang di benakku, tepat pada saat aku mulai 'kering' nunggu Kopaja jalur 613 di ujung gang rumah Omku.
Hawa Jakarta Selatan, seperti biasa, tidak bersahabat, apalagi jam-jam segini. Jam 1 siang, ketika matahari tepat berada di atas kepala, dan bulir-bulir keringat menetes deras di balik kaos merah menyalaku.

Celingak... celinguk.. gag ada tempat buat duduk yah? Sepertina komplek perumahan elite ini bener2 gag didesain sebagai tempat nyaman untuk nunggu bis ekonomi / metromini, yah?... Menit demi menit berlalu, beban di punggungku semakin tak tertahankan... uuhh kekna aku salah packing niy, tas ransel North Face-ku terasa bener2 membebani, palagi kalo dipakenya bareng sama sandal berhak 5 cm.... (???) Ada yang aneh? xaxaxa... saltum (lagi), euy...
Yaa abis gimana lagi... sandal ceperku yang nyaman putus tiba2, n yg tersisa cuma sepatu hak tinggi itu dah.

Sesekali... taksi2 biru, ijo, putih melewatiku pelan2 sambil membunyikan klaksonnya. Lagi2 kata2 Om Indra n Tante Fifin terbersit di benakku.
"kenapa gag naik taksi aja c Jeng? Kamu bisa hemat waktu, gag capek lagi!"
Xexexe... iya yah... kenapa ya? Padahal adek mamaku ituw juga uda ngasih uang saku yang lebih dari cukup buwat naik taksi Bintaro - Cengkareng bolak balik! Oui... yang jelas... kalo lagi kumat edannya, makhluk yang namanya Ajenx ini emang suka aneh2. Suka naik metromini daripada taksi. Meski kalo naik metromini 613 harus muter ke blok M duluh abis 2000 perak, beli Roti Boy di Pasaraya, baru dari situ naek damri, 15 ribu.. sampe bandara. Lama.. dan puanasss pastina..

Tapi.. naik metromini bisa banyak liat2...merakyat.. lebih aman (dibanding taksi2 gag jelas) n so pasti... irit, coy! xixixixi. Bakal ada pengalaman baru di setiap metromini/angkot yang dinaiki. Ketemu penumpang ganteng, misalna (xixi... jarang, c) ato naik metromini yang dah perlu diapkir, yang goncangannya bikin keguguran janin seketika.... Ato duduk di sebelah mbak mbak yang tiap 2 menit sekali ngupil (beneran niy!)... Ato duduk di sebalah bapak2 yang terkantuk2.. ato duduk di belakang pasangan yang asyik masyuk pacaran (sambil geleng2 kepala...*pengen* hohohoho).. Ato duduk di sebelah sopir yg tampangnya kaya ariel peterpan waxaxaxa. Cukup banyak orang2 dari berbagai jenis bisa ditemui di metromini/kopaja. Cuman kalo dah mule pada kecentilan.. ya jadi males.. xexexe.

Capek berdiri di pinggir jalan kaya WTS kesiangan, akhirna aku nyerah... abang becak di ujung gang yang belom seberapa tuwa itu mule senyum2 waktu aku jalan menghampirinya.
"Hero, bang..."
"Hero kecil? Ayok dah neng..."
"Tunggu, berapa dulu, bang?'
"Ah, udah.. naik dulu lah neng, tar terserah neng mau ngasi berapa"
Lho.. aneh... *curiga* kok gitu ya? Sempet adu mulut dikit, abis.. gag mau dunk tar kalo da sampe di sono si abang ngasi harga tinggi.
"Tar saya kasi 1000 lho bang, emang mau?"
"Iya d mau.. uda, naik dulu"
Masih heran.. tapi ya apa bole buat...

"Mo ke mana c neng? Bawaannya berat amat?"
"Mo ke bandara bang.. pulang ke jogja"
"Oh... pulang ke 'Jawa' ya?" blablablabla..
Ternyata si abang ini orang 'Jawa' juga (*heran deh... emang Jakarta bukan di Jawa ya? baru tau... :p). Si abang tukang becak dari Purwokerto tapi sempet lama di Jogja, di daerah Bantul.
Blaa bla bla.. d tengah percakapan, tiba2 Kopaja 613 yang kudambakan melintas pelan di depan kami, mau berenti. Otomatis aku langsung bilang, "Wah, 613... tadi aku mau naik itu tuh bang"
Si abang langsung mengayuh becaknya cepet2
"Ya distop aja, neng... oi STOP! STOP!"
613 brenti, dan aku bergegas turun sambil mengulurkan uang 5000 rupiah
"Ni bang, makasi yaa..."
"Eh gag usah, neng.. beneran... uda neng buruan naik, ati2 di jalan!" si abang langsung mengayuh becaknya lagi, n pergi sambil tersenyum.
Euh, masi sedikit linglung, aku bergegas naik 613. Di dalam Kopaja, dengan sedikit berkaca-kaca (bo'ong ding... ^0^) aku mengenangkan kebaikan si abang becak.
Bisa juga yah.. di jaman sekarang masih ada orang yang nolak uang ..(ato krn cuma 5ribu yah?)... Entah motifna apa, yang jelas pengalaman sederhana ituh cukup inspiratif juga buatkuw. Entahlah.... aneh aja gituw. Ternyata masi ada tersedia ruang untuk keikhlasan dan kebaikan serta non-materiil di dunia inih.. sebuah tempat yang sempat kucurigai sebagai dunia yang tak mungkin berputar tanpa adanya uang/materi. ^^

_Jakarta, November 2005_