Saturday, August 19, 2006

a.s.k.

peluklah semua tanyaku... jawablah dengan caramu...
>>dee - pulang (ost. 9 naga)<<

That life is all about asking.. to anyone.. n surely about everything. Any kind of question, from silly and unimportant question to an enormous n unanswered one.
Tapi.. ya.. mungkin ini cuma teoriku sendiri ajah c... ^^. I feel like I was made from questions. Pertanyaan2 lah yang membuatku merasa lebih 'hidup'. Karena ada pencarian di sana.. dan pencarian adalah.. yah... benar2 suatu aktivitas yang menghidupkan. Suatu denyut2 yang bukan merupakan gerakan mekanis statis semata.. tapi sesuatu yang berakselerasi.. dinamis.. progresif.. dan berkembang. That's life.. in my opinion ^^. Dan kita.. haruslah menjadi denyut2 yang berakselerasi ituw. Yang pada suatu titik2 tertentu tetap berhenti,take a deep breath.. inhale.. release.. contraction... release... (lho!) ^^

"hmmm makan apa ya hari ini.... ??"
"kamu bener sayang aku gag siihh??"
"ayah mau dibikinkan kopi??""
"bisa saya bantu bu?"
"kenapa.. Tuhan?? kenapaaa??"
"gimana caranya aku bisa ngerjain pekerjaan seabrek2 gini yah??"
"salahkah aku??"

N a thousand kind of other questions could be asked. Gag berlebihan kiranya kl dibilang mungkin ampir setiap detik pertanyaan terlontar keluar dari benak kita. Baik itu terucapkan maupun hanya di benak saja. Baik itu ditujukan ke manusia nor to God. Baik dengan disertai kata bantu tanya maupun tidak. Baik retorik maupun menuntut jawaban.

Kenapa? Karena hidup itu misteri. Dunia tetap tak bisa ditebak ke mana arahnya (sebenernya). Hal ini bertolak belakang dengan sekian epistem yang telah disodorkan yang mendukung teori Descartes bahwa semesta tak lebih dari gerakan mekanis jam. If u do 'this'.. then 'that' will happened surely. Ada juga peribahasa.. "taburlah.. maka kau akan menuai.. siapa menabur angin, akan menuai badai"
atau.. "tak ada asap tanpa api"..
Semuanya menunjuk pada satu kenyataan yang pasti. Paten. Dan pada koridor ini, tak ada ruang sama sekali bagi tanya.. Yang ada hanya jawab (???)... nggg, eh bukan ding... yang ada ya hanya realita, sedemikian adanya. Boring isn't it? zezezeze....

Padahal.. kita semua bertanya, sadar ato tidak. Pertanyaan yang kadang tak seorangpun bisa menjawabnya, ato pertanyaan yang ditujukan pada Tuhan.. yang kadang menjawab dengan cara yang tak pernah kita bayangkan sekalipun. Tawar menawar dengan orang lain, dengan hidup, dan dengan Tuhan, juga salah satu bentuk dari tanya, IMO.

Ada cerita dari seorang kawan.. ketika dihadapkan pada 2 pilihan dalam hidupnya. Jadi pastur, atau tidak. Dalam benaknya dia ber'negosiasi' dengan Tuhannya.. bertanya, ke mana arah hidup dia sebenernya. Dan akhirnya sepakatlah keduanya.. dalam benak kawanku itu. Kalo ia lolos di satu saja tes pertamanya masuk pendidikan tanpa ia belajar sebelomna.. maka ia akan yakin bahwa ia memang terpanggil untuk itu. Kalo gag.. ya gag... And he finally pass the exam.. after playing football at the day before.. ^^

We've done such things like that, maybe in a much more simple way. Yang paling populer mungkin hitung suara tokek, hitung kancing baju, hitung kelopak mawar, matahin tutup kaleng softdrink, sampe tawar menawar : Tuhan.. kalo pada detik sekian terjadi sesuatu, berarti itu cara-Mu untuk menjawab tanyaku. Metode2 yg lazim dilakukan ketika seseorang merasa gag mampu berkomunikasi dengan sesuatu secara langsung, dan harus melalui media, melalui suatu cara, yang notabene ia ciptakan sendiri dalam pikirnya, yang ia diktekan pada sang penjawab. Pertanda, promenition, some might say.

Di salah satu filmna Audrey Tautou yg judulna A Very Long Engagement ada terselip fenomena macam inih. Film tentang perjuangan seorang perempuan yang ditinggal tunangannya berperang, keyakinannya bahwa tunangannya masih hidup meski uda dikabarkan mati. Meski semua orang meyakinkan demikian, dan tanda2 n bukti2 uda menunjukkan demikian. Si Audrey ini (lupa nama cast-naa ^^) tipe perempuan yg suka menciptakan kondisi pertanda2 juga. Misal, dia sering mikir gini..
Waktu lg jalan2 n ngeliat ada mobil melaju di sebelahnya, dia berpikir,"Kalo aku bisa tiba lebih dulu di tikungan daripada mobil itu, berarti tunanganku masih hidup!" n she ran, quickly, meski pincang.. lewat jalan pintas yang jauh lebih singkat.. tapi tetep kalah cepet sama mobilna.
Ato waktu menyalakan lilin di kamar sambil dengerin musik dia mikir, "Kalo lilin ini masih hidup ketika satu lagu selesai.. berarti tunanganku masih hidup.." dan lilin itu mati dengan suksesnya di tengah2 lagu.
Dan semua pertanda2 yg ia ciptakan yg jadi ornamen hidupnya, yg semua memberikan jawaban... bahwa tunangannya uda mati. Tp dia tetep keukeuh.. sampe akhirnya ia bener2 menemukan tunangannya.. alive.. meski menderita amnesia...
Cool film.. i like it. Aneh c, n meski temen2 nontonku semua tertidur di tengah2 film, tapi aku kok suka ya... hohohoho. Kucing yang aneh..!

Anyway.. semua adalah tentang tanya, dan manusia desperately membutuhkan jawab. That's the reason of many weird things that we offently done. Gag ada yg salah dengan tawar menawar tadi, c.. tapi sebenernya, gag ada yg bisa kasih jaminan bahwa jawaban yang muncul memang bener2 jawabannya. Yang ada cuma sugesti... rasa tenang, kalo emang sesuai dengan yg kita inginkan. Ketika jawaban tokek jatuh pada kata "ya!" ketika kita bertanya.. -apakah aku dan dia bisa terus bersama saling mencintai-... sejujurnya pasti bakalan ada perasaan bahagia pada saat itu, meskipun... selalu ada kemungkinan bahwa itu hanya kebetulan. N the funny thing is ketika sang tokek mantep menjawab "tidak!" kita juga bisa berpikir bahwa... ah, itu hanya suara tokek ajah kok. Ngapain dipercaya?
xexexe..

Jadi... ya sebenernya kita uda pegang jawaban kita masing2, teman. Just like Lisa Loeb said in her song called Stay..
"I only hear what i want to..."

Semua tergantung pada arah pikir kita. Dan jawabannya terpendam dalam misteri hidup dan bisa kita temukan dengan menjalaninya with a normal curiousity. At this point of life, we'll never know what's gonna happened next. But that's the fun part, no? Enjoy this life n what we had, now.... hmmmm
Geez.. My life is you.. now. I had you.. now. N I really enjoy it.. now.. ^^

"All the world is a stage and everyone has their part
but how was i to know each way the story goes?
how was i to know u'd break my heart.... (or we'd end up happily ever after)..?"
::one amazing song from aunty madonna.. Take A Bow::

Where did we come from? ...Why are we here? ... Where do we go when we die? ...What lies beyond ...And what lay before? ...Is anything certain in life? ... Have I lived before ... or could this be all that we`ve got?
I may never find all the answers ... I never understand why ... I may never prove what I know to be true ... But I know that I still have to try
My questioning mind has help me to find the meaning in my life again
::The spirit carries on_by dream theatre::