Friday, March 17, 2006

about character.... is it???

Kita bicara tentang karakter... tentang bagaimana karakter seseorang mempengaruhi jalan hidupnya. Siapa yang bilang hidup diatur oleh takdir/suratan? begitu katamu selalu.. Life's in ur hand, baybeh. Karaktermu yang menentukan ke mana langkahmu pergi. Jalan hidup yang berliku tidak akan dialami oleh orang berkarakter lemah/cengeng. Begitu juga jalan hidup yang mudah dan lurus bak jalan tol jarang dialami orang bermental baja. Kalopun ada orang yg berkarakter lemah mengalami jalan hidup yang berliku itu hanya di pikirannya ajah...

Benarkah begitu?

Dunno, pertanyaan yg muncul adalah... duluan mana ayam sm telor? Duluan mana karakter dan jalan hidup?
Xexexe.... Hercule Poirot selalu berkata, "Semua berawal dari satu sel abu-abu"
Dan dalam bayangan si kucing itu berarti bahwa setiap helaan nafas atau gerakan ototmu detik ini berpengaruh pada apa yang kau alami selanjutna.
It doesn't matter then, whether you're a planner, or actioner, or structural, or relationship-basic person. Keempat karakter itu hanyalah cara/metode seseorang untuk mencapai sesuatu, ato dalam mengerjakan sesuatu.
Pada akhirna yang paling menentukan bukanlah bagaimana kita mencapai/mengerjakannya... tapi apakah kita mencapaina ato tidak.... ato kita mengerjakannya ato tidak...

Ini.. bukan paradigma result oriented yg menihilkan proses.
Ini bukan tentang ability to do sumtin'
Tapi ini tentang willingness... kemauan untuk menentukan apa yang akan dilakukan, apa yg akan dicapai dan ke mana arah selanjutnya. Nhaa kalo uda sampe sini, bahkan karakter apapun yg kita punya pun tak lagi menentukan. Seseorang yg berkarakter lemah, terlalu hati-hati, pesimistis dan rendah diri pun jika menyadari kelemahannya dan mau keluar dari kubangan inferiornya juga pasti bisa meraih sesuatu. Demikian sebalikna

Kemauan.... willingness plus keberanian untuk menangkap kesempatan yg ada di depannya. That's the key.
Pernah dengan kisah dewa Kouros?

Alkisah ada 4 dewa yang menggawangi masalah waktu. Dewa Himerna yang bertanggung jawab pada waktu sehari-hari, detik menit jam hari minggu bulan tahun. Dewa Kronos yang bertanggung jawab pada waktu yg berulang. Dewa Aion yang bertanggung jawab pada waktu yang tak terduga. Dan terakhir, Dewa Kouros yang bertanggung jawab akan kesempatan.
Dewa Kouros ini dewa yang paling aneh penampilannya. Kepalanya botak di belakang, tapi ada sejumput rambut menjuntai seperti ekor kuda di dahinya. Jika seseorang berpapasan dengan dewa ini, itu berarti ia menemukan kesempatan besar dan ia harus segera menggenggam rambut sang dewa, sehingga kebahagiaan akan ia peroleh.

Kemudian diceritakan ada 3 manusia yang berpapasan dengan sang dewa. Ketiga orang itu adalah si bodoh, si bebal dan si bijak.
Si bodoh berpapasan dengan sang dewa pertama kali dan ia hanya terbahak2 melihat penampilan aneh sang dewa, sehingga sang dewa pun berlalu tanpa si bodoh menyadari bahwa ia melewatkan kesempatan emas.
Kemudian si bebal berpapasan juga dengan sang dewa. Dari jauh ia melihat penampilan sang dewa dan juga tertawa. Tapi ketika di dekatnya, si bebal mulai menyadari bahwa itu adalah dewa Kouros yang berarti kesempatan emas. Si bebal ragu2, takut untuk meraih rambut sang dewa hingga pada detik terakhir ia mencoba meraihnya, tapi terlambat... rambut sang dewa tak teraih.. dan menyisakan kekecewaan yg luar biasa.
Giliran si bijak yang berpapasan dengan sang dewa. Dari jauh ia telah melihat bahwa itu adalah dewa Kouros dan berarti kesempatan emas. Ia mempersiapkan diri hingga pada waktunya berhasil menangkap kesempatan emas tersebut.

Gitu... dari kisah di atas terlihat 3 elemen utama yg diperlukan dalam meraih sesuatu.
Wawasan ... Willingness... Courage...

3 hal ini, IMO, bisa diusahakan dan dipupuk tanpa ada kata terlambat untuk ituh.
Jalan hidup, kesempatan, kebahagiaan bisa diperoleh dengan membangun wawasan yg cukup untuk menyadari bentuk kesempatan/jalan hidup/kebahagiaan ituh. Setelah tau... perlu kemauan yg kuat untuk meraihnya... n then gag lupa, keberanian untuk mulai melangkah.
Xexexe...

dedicated for 'dia'... go grab ur chance, h'ni... ^^
if she's de one... i'm so happy for u.
.