Thursday, April 07, 2005

one 'TRRRIIIINNGGG AHA!' after da chelsea n milan victory.. :D

belajar untuk memandang segala sesuatunya dari banyak sisi, bahkan dari sisi yang paling tidak kita sukai, yang paling tidak enak sekalipun. itu kan membantu kita untuk bisa memahami orang lain. karena ... apalah yang lebih penting selain mencoba untuk mengerti? karena seluruh aspek hidup kita, bahkan sampe nafas yang terkecil sekalipun harus disertai desahan pengertian, dan hembusan undaztandng ... dalam percintaan, persahabatan, pekerjaan, kompetisi, bahagia, derita ... melepaskan egosentris, fanatisme dan belajar memposisikan diri pada kacamata orang lain. paradigma untuk mengerti bahwa gerbang perubahan selalu dijaga oleh masing-masing pribadi, dengan kunci yang terletak pada nurani dan conscience. tak ada orang lain yang mampu membukanya, tidak melalui bujukan, anjuran, maupun himbauan emosional.

untuk mengerti bahwa setiap partikel dunia ini memiliki kepribadian yang unik. tidak pernaah sama satu dengan yang lain. dan oleh karenanya harus bisa menyikapi segala perbedaan itu dengan kepala dingin, kedewasaan berpikir ... dan lagi-lagi, pengertian itu tadi. bahwa perbedaan itu bukanlah sebuah kekurangan ato sebuah lubang yang harus ditambal, melainkan sebuah nilai plus yang pasti akan memperkaya batin kita.. ^_^

dan membuka diri terhadap segala bentuk perubahan, n anticipating, of course.. karena itulah hidup. dinamis, sumtimes unpredictable, kadang kejam ... tapi tak jarang penuh dengan kejutan manis, penuh warna (tergantung bagaimana kita memandangnya). life's like a box of chocolate ... gump said. dan dunia, ato hidup, bukanlah hidup jika tak ada derita, demikian sebaliknya. terjadi banyak pengalaman, dan pengalaman lagi, seperti perubahan mimik wajah selama bertahun-tahun ... dari yang semula merah muda oval tanpa dosa menjadi wajah yang ramping, tegas, sekaligus tegang. tetapi semua ini, bahkan ibu yang paling teliti mengamati pun hanya akan menggumamkan apa yang dikatakan seorang tukang kebun ketika membuka pintu kaca di suatu pagi dan menemukan bunga baru di tamannya : Sudah mekar ; mekar dari kesombongan, ambisi, idealisme, hasrat, kesendirian, keberanian, kemalasan, bibit2 biasa, yang tercampur aduk dalam adonan semen pengalaman hidup.

that it takes two to tango ... harus ada hitam, untuk memunculkan putih. ada awesome ... untuk memunculkan kata awful. ada di setiap jengkal hidup kita, so ... why can't we live with both of them? hitam, putih, dan kita. semua ada dalam dimensi ruang dan waktu yang sama ... sejajar dalam sebuah himpunan semesta ... (bukan begitu eyang hendrik? xexexexe)

yupp, dan belajar untk menertawakan kebodohan diri sendiri, belajar untuk menertawakan kesusahan sendiri tanpa bermaksud meremehkan ato menyepelekan. karena sedikit tarikan di sudut bibir bisa mengubah landscape dunia, teman ... i do believe on that. tertawa, lepas dan lugas ... or at least, tersenyumlah. karena senyummu, dia, mereka dan ku-lah yang mewarnai hidupku.

dan belajar .. belajar .. dan belajar .. bagaimana untuk menjadi orang bodoh sekalipun. xexexe, seperti ajaran taoisme bilang .. mencapai 'inner wisdom' dengan tidak berpengetahuan. tidak berpengetahuan yang justru merupakan keadaan yang 'penuh'. bukanna anti terhadap ilmu pengetahuan, ato yang sok kebodoh2an... tapi tentang bagaimana merenungkan 'Ketunggalan Agung (tao)' sampai pada taraf menyatu, di mana tidak ada lagi tempat tersisa untuk sesuatu yang dinamakan 'pengetahuan'.

lagi? never push too hard on ur self. this one goes to many friends outthere. semua akan indah pada waktunya. xixixi ... u'll never know what u're gonna find next, anyway. target dan ambisi could kill sumtimes ... but don't let go down on hope. mempertahankan harapan dan keinginan... in a positive way..

review.. dan review lagii.. :D