Saturday, February 26, 2005

stupid me.. ^_^

bodohnya aku ...
selama 23 tahun aku menginjakkan kaki di bumi ini
23 tahun pula aku menjalin jaring laba2 yang disebut 'persahabatan'
baru sekarang...
aku terduduk menangisi sebuah perpisahan
well, i know that...
ada perjumpaan, ada pula perpisahan
i know ....
perpisahan 2 orang dewasa harus dihadapi dengan kepala dingin

teman.. maafkan aku
menyusahkan kepergianmu dengan tangisan bodoh
maafkan aku ...
selama ini tak menyadari apa arti dirimu bagiku
maafkan aku, i'll always mizing u here
xexexe...
dan aku tetap merasa bodoh....
gut lak then...
i'll try 2 be there whenever u need me..

this one specially goes to.. krondonx
my eight years best friend
who give me strength each time i feel down.

(uda ah, gag mood nulis niy...) xexexe

Saturday, February 19, 2005

untuk aceh...

masa bertangis2 uda lewat ... it's time for sufficient effort to rebuild everything, right? bukan maksutnya untuk menyingkirkan rasa humanitas, iba dan simpati. tapi alangkah lebih baiknya jika semua simpati diwujudkan dalam bentuk pemikiran dan usaha nyata untuk memikirkan jangka panjang ke depannya.
lebih baik memberi pancing dan kail daripada memberi ikan, ya kan?
meulaboh, calang, lhok nga, banda, lhokseumawe, sigli, bireuen ... dan kota2kecil yang terkena dampak langsung tsunami lainnya ... apa yang bisa kita perbuat untuk meringankan beban mereka?
pada awalnya tentu yang harus dipikirkan adalah bagaimana membangun tempat penghidupan yang layak bagi penduduk yang tersisa. kalo ngeliat dari foto udara gimana meulaboh dan calang rata dengan tanah, tak tersisa satu bangunan pun ... tentunya saat ini tempat penghidupan yang layak menjadi barang mewah. itulah kenapa sekarang, konsultan2 baik besar maupun kecil, baik perencanaan maupun perancangan, dan khususnya para ahli tata ruang kota berlomba2 menganalisa, mengajukan ide ... dan pada akhirnya ikut tender dalam proyek pembangunan kota. profitable, itu pasti... tapi aku yakin, banyak di antara mereka juga mengusung niat tulus untuk membantu kondisi aceh saat ini.
mulai dari nol ... mulai dari mana kita? ada sementara orang bilang ... bangunlah infrastruktur terlebih dahulu! ada yang bilang ... bikin zonasi dulu! ada juga yang bilang ... ahh kok repot, ikut aja tata ruang yang dulu, toh masing2 penduduk punya hak milik atas tanah sendiri2, dan mana mau mereka direlokasi ke tempat baru??
haiya, soal kepemilikan tanah ini cukup bikin pusing kepala juga. kaitannya dengan jumlah penduduk yang masih ada, dan kemudian baru bisa dihitung semua2nya. dari peruntukan lahan, sistem infrastruktur kaya' berapa pipa air yang harus terpasang, berapa kapasitas debit IPA yang dibutuhkan, alat2 pengolahan sampah, pipa sanitasi, blablalba. dan betapa data2 tentang jumlah penduduk yang hilang ato meninggal aja suuuangaaat syusyyaaaahhhh didapett. suer! aku dah ngalamin ndiri, ketika 3 hari 3 malam gag tidur berkutat dengan lembaran2 peta, foto udara, kliping koran, serta data2 tentang infrastruktur kota yang amat sangat minim. akhirna keluar de, senjata pamungkas ... ASUMSI!!! xexexexe. bukan manipulasi loh yaa... a s u m s i..^0^
ada yang menarik dari diskusi terakhirku dengan pak boz ... suatu sore setelah jam kantor, abis ngeliat presentasi rencana rehabilitasi aceh dari beberapa konsultan dari jakarta. mayoritas dari ide2 yang diajukan adalah menerapkan sistem buffer zone di sepanjang pesisir pantai. oh yes, sepintas lalu hal ini emang merupakan solusi ideal untuk mencegah dampak yang begitu besar jika suatu saat terjadi tsunami lagi. tapi benarkah buffer zone menyelesaikan masalah yang ada? si boz langsung menampik tegas ... NGGAK! buffer zone bukanlah jawabannya. dan kenapa c orang indonesia selalu menerapkan manajemen reaktif terhadap segala sesuatunya??
aku sendiri berpendapat bahwa segala tindakan preventif yang bisa dilakukan harus dilakukan secepatnya. memang bukan dengan buffer zone ... yah, bisakah kau membayangkan betapa sepanjang kawasan pesisir pantai harus ditanami hutan bakau selebar 500 m dari garis pantai ?? (seorang pecinta pantai yang kukagumi di 'sana' pasti menolak ide ini...xxexexexe, ) tegakah kita mengilangkan keindahan sebuah pantai demi membayar keamanan dan kenyamanan?? dan apa yang harus dilakukan dengan pemukiman para nelayan yang berada di situ? mereka tentu gag mau direlokasi jauh dari tempat mata pencahariannya ... mau disuruh dagang di pasar semua apa? xexexexe...
ada juga ide meniru kota pesisir di sanfransisco, yang menerapkan adanya asuransi kerusakan dan bencana yang besar bagi bangunan2 di pesisir pantai. tapi ya ... ntah kenapa aku pribadi cenderung tidak menyukai ide ini, karena masih ada faktor 'kehilangan' di sana ... dan aku cenderung beranggapan bahwa terlalu banyak hal2 di dunia ini yang gag bisa digantikan oleh segepok uang. gag hanya jiwa manusia.
mungkin konsep itu bisa diadaptasi di aceh dengan satu syarat, early warning system musti jalan. mutlak. setidaknya meminimalisir jumlah korban jiwa.
berbagai pihak bersikukuh dengan ide pemikiran masing2, sesuai dengan idealisme dan background masing2. perlukah kita semua duduk satu meja, mencari jalan keluar bagi rekonstruksi aceh? ato biarlah semua berjalan sendiri2 dalam koridor masing2, dengan satu framework pasti ... sama2 berjuang demi yang terbaik untuk saudara2 kita di aceh sana. dan sama2 menjaga agar tidak terlalu jauh menjadi reaktif itu tadi.
hyuk hyukk...

civil war

you can't trust freedom when it's not in ur hand..
when everybody's fightin' for their promise land ...

civil war haunted me lately! mood bermusikku sedang bertiup ke taon '80-an, akhir2 ini, playlistku lagi banyak didominasi dewa2 rock jaman baheula ; gnr, helloween, dream theatre, metallica, skid row, iron maiden, judas priest,....
kenapa mereka, dan kenapa masih juga mereka ... yah karena bagiku karya2 mereka everlasting bangget gituw.
civil war-na gnr terutama. kekuatannya ada di permainan bas yang jadi roh lagu itu. aku c cenderung menyukai lagu2 yang ditulangi oleh bas ato gebukan drum dibanding sama melody. so, guess it's explain why i love old time classic music better than nowadays music.
lagu2 yang dibuat khusus untuk konser, bukan untuk konsumsi kaset rekaman. lagu2 yang bakal terus nyanthol dan bakal meneror kepalamu selama bertaon2.lagu yang dibikin dengan idealisme tinggi dan tanpa terdistorsi oleh maksud komersial apapun. lagu2 yang jujur dan gag cengen dalam keromantisan versi mereka. xexexexe
berdiri di bawah satu bendera yang sama, bendera musik rock metal, anehnya ... mereka berhasil memunculkan keorisinalitasan masing2...
gnr... populer dengan ke'kolosal'an lagu mereka. ya itu tadi, sosok seorang duff mckagan yang diam2berdiri di belakang axl dan slash, tapi bener2 jadi roh yang menghidupkan musik gnr.
helloween, seperti speed metal band yang laen, mengandalkan rhythm guitar yang kontinu serta vokal yang klasik abiz. mungkin lebih menjurus ke industrial musik, kedengeran dari sound mesin yang jadi ciri khas mereka, tapi ya... kurasa mereka lebih populer dengan mello slow rock, lewat lagu forever and one jaman dulu itu tuh...
dream theatre ... yuhuuuuu.... top! smart music, i must say. gag sembarang orang bisa nikmati musik dt. kekuatan yang paling utama adalah irama. gimana mereka berempat bisa kompak mainin komposisi musik dengan rhythm dan irama yang absurd abiz. and the hero goes to portnoy sebagai penggebuk drum. sampe detik ini aku masih bisa terkagum2 kalo denger gimana portnoy bisa nginget semua komposisi lagu yang mereka punya.
judas priest ... mbah-e speed metal. range vocal vocalistna bener2 bikin merinding. tuingiiii banget.
en so'on so'on...
dewa?
padi?
so7?
lewaaaattttt... xixixixixi

Saturday, February 12, 2005

kenangan pulau impian

pulang ke kotamu .. ada setangkup haru dalam rindu
masih seperti dulu ... tiap sudut menyapaku bersahabat
penuh selaksa makna ...

hmm, 2 tahun yang lalu aku pernah berjanji untuk secepatnya kembali menginjakkan kaki di tanah penuh impian ini.
well, secepatnya ternyata memakan waktu lebih dari 2 tahun buatku. ada seribu satu kenangan yang gegap menyergap ketika aku menyusuri jalan itu lagi. kerobokan... badung ... denpasar ... kuta ... sanur ... simpang siur ... jimbaran .... en finally, nusadua. masih seperti dulu. trotoar yang sama, pepohonan yang sama ... tempat sampah berbentuk monyet yang sama ... relief monumen yang sama ... senyum ramah yang sama, aroma khas dupa yang sama, musik bali yang rancak dan membius, dan ritual keagamaan di pura2 yang masih seperti dulu.
tapi engkau tak lagi di sana, dengan senyum jahilmu... mengajariku kata2 kotor khas bali. (xexexexe). tak jua ada engkau yang selalu mengajakku menyusuri pantai tiap sore, dan yang dalam waktu2 tertentu siap dengan sarung dan selendang adat bali untuk ritual kegamaan.. dan tak ada lagi sosokmu yang bersandar di reiling balkon, bersiluetkan cahaya matahari sore. uff.. ya, aku mengagumi fisikmu, teman .. those six pack abdomen, n bisep yang terlatih karena push-up sit up n lari sepanjang pantai tiap hari, xixixixi.
eniwe, with or without u ... aku selalu mencintai bali. pulau penuh daya magis yang bisa membius siapapun dalam sekejap dengan keramahan dan keindahan yang ia tawarkan. pulau yang menawarkan relaksasi sekaligus adrenalin. sejenak lepas dari segala rutinitas yang mengungkung. there i was. dan betapa aku menikmati setiap detik panas matahari menyengat kulitku yang kubiarkan terbuka. atau ketika bercanda dengan teman2 lama di pantai kuta, atau ketika sendirian terkatung2 di atas laut benoa :terbang layang, parasailing di benoa ... bercanda dengan anak2 pantai yang baik rambut maupun kulitnya coklat kemerahan, menikmati suasana adem dan menenangkan di berbagai macam dan jenis pura, atau duduk terkantuk2 ketika tangan2 cekatan ibu2 mengepang rambutku, menikmati sajian sunset dan seafood di tepi jimbaran, menikmati bulir2 keringat yang mengucur deras ketika berdesakan di tengah suasana pasar sukowati, atau menikmati perjalanan dengan boat ke pulau penyu (tapi di sana ternyata gag nikmat blass tuw, soale ternyata salah satu atraksi di pulau penyu adalah ... eng ing enggg.... bermain dengan ulaarrrr!!! ih ..... miauwww... )
selain pulau penyu aku menikmati semuanya ... gwk, uluwatu, bedugul, kintamani, sanur, cahayu, kuta, benoa, jimbaran, sangeh (??), sukowati, apalagi ya? Hmm .. bahkan ketika pulang ke hotel n ngerumpi sampe pagi bareng ol the gals.. ana, irma, sita... we do have lots of fun, didn’t we??? xexexexe. en fur ol my balinese friends ... dicky, ides, mitut, en arthur (sayang cuma via sms ya ar ya??) tengkyuuu sooo much. kade tobing, kade guntur, zan, ol pantai mengiat's crew .... miz u guys, hope we’ll meet again soon.
pulang ke jogja.. dan seperti bli made bilang, yang jelek2 harap dibuang ke selat bali aja, yang dibawa pulang ke jogja tinggal yang baik2 aja.. getoh. brarti kenangan ngeliat ular guedhe meliuk2 di pulau penyu dibuang jauh2 di selat bali ya.. xixixixi

menatap lembayung di langit bali, dan kusadari... betapa berharga kenanganmu
di kala jiwaku tak terbatas bebas merangkai mengulang waktu ..
hingga masih bisa kuraih dirimu, sosok yang mengisi kehampaan kalbuku
bilakah diriku berucap maaf, masa yang tlah kuingkari dan meninggalkanmu,
cinta ...
teman yang terhanyut arus waktu mekar medewasa, masih kusimpan suara tawa kita
kembalilah sahabat lawasku, semarakkan keheningan lubuk
hingga masih bisa kurangkul kalian, sosok yang mengaliri cawan hidupku
bilakah kita menangis bersama, tegar melawan tempaan, semangatmu itu...
jingga ...
hingga masih bisa kujangkau cahaya, senyum yang menyalakan hasrat diriku
bilakah kuhentikan pasir waktu, tak terbangun dari khayal keajaiban ini
mimpi ...
andai ada satu cara tuk kembali menatap agung suryamu
lembayung bali ...

a little bit 'me' time

kemarin, ketika memutuskan untuk sejenak berhenti dari semua rush-hour yang berkaitan dengan romantika .... i really took a deep deep breath. lega rasanya, bisa kembali pada aku yang sebenernya. bukan sisi terbaikku, mungkin... tapi tetap diriku yang milikku sepenuhnya.
egois, bukan begitu benar? hell, i don’t care. selama tidak memudarkan senyum ku, kamu dan mereka semua. i’ll keep stand for what i believe.
sorry folks.. fur y’all who questioning ‘ol this matters. mereka2 yang dalam diam melesakkan seribu satu pertanyaan... dan pernyataan, yang mencoba menarikku ke sisi yang berlawanan. dan mereka2 juga yang dengan rancak verbal mencoba menanamkan harapan untuk kebahagiaanku, dalam persepsi masing2...
ah, ya, no other words i’d like to say beside those 2 beautiful words : thank you... untuk semua yang kalian tawarkan. but i feel like.... i don’t deserve all, mmmm....
takaburkah aku?
tak lah ... aku hanya tak ingin bermain dengan semua itu lagi. someday, when i’m ready, (which i’m sure i will), i’ll be glad to accept it, with arms wide open.
oh, yes... selalu akan ada rasa sakit dan pengkhianatan, kapanpun itu, aku tau. tapi biarlah aku ada dalam kondisi siap dan jauh dari skeptisisme. obviously not now, tidak ketika tameng baja ini terpasang kokoh dalam hatiku.
i never stop running, sometimes i walk... but now it’s time for me to stop. really2 stop, if u know what i mean, get ready for my next run.

Friday, February 04, 2005

stunnin'...!!!!

it's another stunnin' 90 minutes, i tell ya!
jujur ajah, sebenernya cuma nama besar keduanya dan perseteruan abadi antara man u - arsenal ajah yang bikin aku terjaga dini hari itu. sekarang dah mulai jarang c bangun pagi2 cuma buat nonton bola, kecuali klo yang main milan or chelsea. palagi, dari dulu aku always apriori sama yang namanya liga inggris dan terutama manchester united. kenapa? hmm.. karena kemapanan mungkin? dan betapa para pemain man u jadi terlihat begitu angkuh, kaku dan komersil. (khusus di era beckham). i never like beckham, eniwe. bahkan sampe detik ini. makanya ketika akhirna si pemain yang katanya ganteng ni keluar dari man u, dan ronaldo nan ciamik dan aduhai masuk, aku mulai membuka diri terhadap premiership. palagi setelah si ganteng beneran jose mourinho jadi arsitek chelsea... i do fallin' love, dude!!! xixixixixi
battle of 'hell bury' kemaren. prediksinya emang yang bakal dikubur beneran adalah man-u, as the away team. aku emang sedikit jagoin arsenal. no what what c sebenernya, not because i admiere them. cuma pengen ngeliat gimana arsenal bisa bales kekalahan menyakitkan atas man-u paruh musim pertama kemaren. palagi main di highbury gituw lo. ditambah lagi wasitna graham poll. masih inget insiden freekick-na henry ke gawang chelsea?? lengkap de, road to victory-na arsenal jadi semakin lapang.
dari man-u sendiri ada satu yang aku gag simpati, yaitu faktor sir alex ferguson, yang kadang2 tindaktanduknya gag mencerminkan seorang knight sama sekali. xaxaxa. podho wae c sama wenger di arsenal. meskipun gitu man-u punya sederet pemain muda nan seksi karena kebengalan mereka. sebut aja cristiano ronaldo, wayne rooney, alan smith, louis saha, wes brown, rio ferdinand (3 pemain pertama masih under 20!!!) wow, gitu lo...
sebagai kaum hawa ... (ahem) ya lumayanlah selain ngeliat 'tarian2 maut' mereka dalam mengolah si kulit bundar, juga bisa sedikit nahan napas ngeliat bulir2 keringat yang berjatuhan di sekujur tubuh serta pamer otot proporsional yang bertonjolan di bagian2 tertentu ... bisep terutama... apalagi kalo abis main lepas baju, pamer abdomen .... xaxaxaxa. eh, perut rata itu penting lho buat cowo'!!! ^0^
terutama ronaldo. bujubuneng, si abang atu niy. penetrasinya ke daerah pertahanan lawan really really outstanding. he's got everything, u know ... he's sharp, he's strategic, he's got the dribble ... 'n he's got the bocy.... xexexexe puch, uda ah.

back to the game.
arsenak open the game with controversial. eh, lebih tepatnya .... graham poll yang kontroversial, lagi. waktu si bergkamp diving di depan garis putih and cause a free kick fur arsenal. tapi gag membuahkan hasil c. permainan berjalan sangat cepat, yang mana kusuka dari premiership. semua berjalan wajar. man-u bertahan, arsenal menyerang ... dan gol pertama arsenal datang dari bergkamp yang belakangan ini mainnya makin canteeeq ajah!
baru di babak kedua ... my eyes really wide-open. here goes the drama. 8 yellow cards n 1 red card, plus 4 gol dari man-u dan 1 gol tambahan dari arsenal. can u imagine the heat, huh? xexexexe. man-u emang hebat, kuakui. they got the spirit. semangat untuk terus mengejar kemenangan, itu yang gag dipunyai arsenal. pemainnya ketuaan kali ye??? gag c, sebenernya kemaren arsenal not that bad. cuma emang setelah blunder dari kiper almunia mereka bener2 kedodoran abis. yah, blame it to the blunder man kalo abis itu mereka semua jadi kehilangan percaya diri. di luar fakta apakah almunia seorang yang jadi kunci kekalahan arsenal, yang jelas almunia emang melakukan kesalahan besar yang gag seharusnya terjadi. malapetaka buat arsenal dimulai waktu giggs seorang diri ber solo run ke kanan gawang. seingetku waktu itu aku s4 teriak2, "Almunia!!!! what the hell on earth are u doing there????" gimana enggak, dengan konyolnya si bapak atu ni keluar dari gawangnya, dan blom s4 mulutku tertutup sepenuhnya, gol itu terjadilah ... lewat kaki seksi ronaldo... xixixi.
nah, kalo almunia jadi kunci kekalahan arsenal, maka dari man-u yang jadi kunci kemenangan menurutku adalah cristiano ronaldo... sama roy keane. babak pertama man-u asli gag berkembang gara2 ronaldo ditaro di posisi yang gag lazim, di kanan. baru setelah babak kedua sir fergie menyadari kesalahannya dan menukar kembali posisi ronaldo jadi ke kiri, n giggs ke kanan. en here they come!!!! 2 gol ronaldo yang kata seorang temen bilang.. "terasa kaya' ejakulasi jenx!!!"
xexexexexe... well, aku gag tau gituw ejakulasi rasane pie, yang jelas emang undescribable deeeee...


Tuesday, February 01, 2005

aku marah!

untuk pertama kalinya dalam hidupku, seingatku...
that i 'd wish someone to die in front of me, pelan dan menyakitkan.
untuk pertama kalinya juga, aku seakan gag bisa mengontrol marah yang membuncah di dada dan kata2 pedas yang tersangkut di ujung lidah.
kamu yang paling tahu betapa aku sangat tidak bisa mentolerir kebohongan dan kemunafikan. 2 prinsip dasar dalam hidupku yang kupegang erat2... tapi kamu justru melanggar keduanya sekaligus.
well, i'm full of compromize, u know.
seandainya kamu datang ke depan hidungku membawa seorang gadis dengan perut buncit dan berkata bahwa kamu telah menghamili gadis itu, langsung... ato seandainya kamu berkata padaku bahwa kamu adalah seorang buronan yang dikejar2 polisi ... i will forgive u. aku bisa menerimanya dengan baik, lapang dada, then we'll find out the solution together.

but you don't, so i won't.
u did the contrary, honey bunny sweety macarony...
u're the one who back-stabbing me, but u played like a victim.
never saw all of your backstabbing coming. you could cash in on a good thing before I realized your game. I heard you're going 'round, playin' the victim now. but don't even begin to feelin' I'm the one to blame 'cause you dug your own grave

oh well, pada dasarnya aku tak tau lagi siapa ato apa yang bisa kupercaya. kenapa orang2 selalu saja mengatakan hal2 yang berbeda? karena semua memandang dari kacamatanya masing2, jenx! face it. itulah kenapa kadang tirai pembatas antara salah dan benar itu amat sangat tipis, ato malah kadang tak ada.
hhhuuuuuu uuuhhhh.... geregetaaannnnn
gemeeesssss....
maraaahhhhhh.....
miauuuuuwwwwww....
kamu! kalo berani... hadapi aku. kita bicarakan bertiga! dan kamu, dia, aku, bisa tau siapa yang bener dan sapa yang salah.
jangan cuma beraninya kasak kusuk di belakangku! aku gag takut konfrontasi. aku gag takut sama sekali untuk mempertanggungjawabkan semua perkataan dan perbuatanku.
who knows.... i'm the one who's wrong?
karena sampai saat ini egoku berkata, aku gag salah. not like what u guyz told me to.

waxaxaxaxaxaxaxaxa.....

ahaa....
saya datang....
it's good to be here again..

yah, sebenernya gag ke mana2 c.
ol juga ampir tiap hari
tapi ya maap.... ni miauuww keknya s4 dianggurin 2 minggu ya?
maap maap maap.... lagi ada proyeq baru yang bener2 menyita semua pikiran.
si boz lagi sensi keknya...

jadi?
hmm... tapi sebenernya yang ilang adalah, mood nulisku. tiba2 aja gituw. how come yah? padahal deadline uda numpuk. but i like it
i like this situation, penuh tekanan... membuatku bener2 menghargai waktu refreshing, meski itu hanya setengah jam untuk berbaring ato lepas dari komputer.

btw, ada apa dengan sotboxku ya???? tulung dunk, anybody can help gituw? maklum, saya teh no expert at all dalam hal ginian. baru diajarin editplus aja wis senenge ra keruan... xexexexexe.
ya maap...