Thursday, January 20, 2005

sensational-addict!

huygens ... pesawat antariksa-tak berawak yang diluncurkan sekitar 7 taon lalu dan menghabiskan biaya 3 miliar dollar US ini (akhirna) mendarat di tujuan, yaitu di Titan, yang mana menjadi satelit dari Saturnus.
n what we got from there? dunno lah. selain menegaskan data2 yang sebelomna dah diketahui, such as diameter permukaan titan yang sekian km, suhu sekian derajat C, komposisi atmosfirna ini itu, jarak dari saturnus dan dari bumi sekian km, revolusi sekian hari, bla bla bla. kita dah tau itu, sejak ratusan taon lalu, waktu satelit ini ditemukan pertama kali sama ahli matematika dan fisika Christian Huygens.
memang kemudian ada foto2 yang lebih menjelaskan gimana sebenernya si Titan yang misterius ini, yaitu permukaannya yang berwarna oranye dan tertutup kabut tipis metana. dan omong2 tentang metana, semakin menegaskan bahwa itu indikasi gag ada makhluk hidup yang tinggal di sana.. kan?
hey ... what're u expected jenx? apa kamu uda tertular virus sensational-addict akut? xexexexe, dan kecewa ketika tak ada sesuatu yang cukup 'booming' yang bakal bikin kamu jatoh terjengkang dari kursimu waktu pagi2 baca beritanya? xexexe
maybe yah, mungkin aku emang sedikit mengharapkan ada selembar foto yang menangkap gambar makhluk2 kecil hijau dan jelek sedang berjemur di pantai laut metana ; ato barisan pesawat luar angkasa yang sedang akan berinvasi ke bumi? ato gambar kabur tentang seorang manusia kekar dengan rambut api sedang berduel dengan makhluk mirip kadal?? (oh, itu dragonball yah?? xixixi) ato sedikit aja terlihat gambaran kota di planet lain, bikini bottom misalnya, lengkap dengan patrick n spongebob-na? hohohoho
nnggg.. harapan bodoh, i suppose. eit, tapi jangan remehkan kekuatan harapan lo ya. hope is one thing, i tell ya! karena ... gag ada hubungannya dengan kekuatan mistis ato metafisik c, tapi yang aku tau, manusia selalu punya cara untuk melegitimasi dan mewujudkan harapannya (lagi).
it works, sometimes, kalo kita dihadapkan pada sesuatu yang abstrak ato asing. ngeliat langit dan awan di atas, misalna. kamu pengen liat naga, kapal, rumah di atas sana? then u shall found it. pengen liat wajah kekasihmu di sana? ohohoho ... mudah aja. pernah disodori gambar tiga dimensi? seseorang yang telah mengetahui kunci jawaban gambar ruwet tersebut pasti relatif lebih mudah menemukan gambarnya dibanding orang yang belom tau.
tapi emang, musti kudu teteb harus berpijak pada realita dan kenyataan. di sinilah logika berperan, sebagai polisi penjaga yang mencegah harapan-harapan dan keinginan jadi liar tak terkendali.
pendaratan dan penjelajahan Huygens di Titan emang belom sampe pada tahap final. mungkin masih banyak yang bisa ditemukan di sana selain kabut metana, sapa yang bisa prediksi? saat ini yang ditemukan di sana emang bukan hal baru. gag kaya' Mars yang di taon 20-an dulu sempet bikin heboh, waktu seisi dunia mengira bahwa di planet Mars hidup makhluk cerdas yang bisa mengancam eksistensi manusia bumi. karena apa? karena di mars banyak terdapat saluran air raksasa yang hanya bisa dibuat oleh makhluk cerdas dan maju ...
xaxaxa ... well, untuk sementara, selama makhluk kecil hijau dan jelek itu belom terlihat kasat mata dan diakui seisi dunia, semuanya itu hanya membuktikan satu hal ... bahwa Tuhan, adalah 'makhluk luar angkasa' yang luar biasa cerdas dan maju.