Thursday, January 20, 2005

sensational-addict!

huygens ... pesawat antariksa-tak berawak yang diluncurkan sekitar 7 taon lalu dan menghabiskan biaya 3 miliar dollar US ini (akhirna) mendarat di tujuan, yaitu di Titan, yang mana menjadi satelit dari Saturnus.
n what we got from there? dunno lah. selain menegaskan data2 yang sebelomna dah diketahui, such as diameter permukaan titan yang sekian km, suhu sekian derajat C, komposisi atmosfirna ini itu, jarak dari saturnus dan dari bumi sekian km, revolusi sekian hari, bla bla bla. kita dah tau itu, sejak ratusan taon lalu, waktu satelit ini ditemukan pertama kali sama ahli matematika dan fisika Christian Huygens.
memang kemudian ada foto2 yang lebih menjelaskan gimana sebenernya si Titan yang misterius ini, yaitu permukaannya yang berwarna oranye dan tertutup kabut tipis metana. dan omong2 tentang metana, semakin menegaskan bahwa itu indikasi gag ada makhluk hidup yang tinggal di sana.. kan?
hey ... what're u expected jenx? apa kamu uda tertular virus sensational-addict akut? xexexexe, dan kecewa ketika tak ada sesuatu yang cukup 'booming' yang bakal bikin kamu jatoh terjengkang dari kursimu waktu pagi2 baca beritanya? xexexe
maybe yah, mungkin aku emang sedikit mengharapkan ada selembar foto yang menangkap gambar makhluk2 kecil hijau dan jelek sedang berjemur di pantai laut metana ; ato barisan pesawat luar angkasa yang sedang akan berinvasi ke bumi? ato gambar kabur tentang seorang manusia kekar dengan rambut api sedang berduel dengan makhluk mirip kadal?? (oh, itu dragonball yah?? xixixi) ato sedikit aja terlihat gambaran kota di planet lain, bikini bottom misalnya, lengkap dengan patrick n spongebob-na? hohohoho
nnggg.. harapan bodoh, i suppose. eit, tapi jangan remehkan kekuatan harapan lo ya. hope is one thing, i tell ya! karena ... gag ada hubungannya dengan kekuatan mistis ato metafisik c, tapi yang aku tau, manusia selalu punya cara untuk melegitimasi dan mewujudkan harapannya (lagi).
it works, sometimes, kalo kita dihadapkan pada sesuatu yang abstrak ato asing. ngeliat langit dan awan di atas, misalna. kamu pengen liat naga, kapal, rumah di atas sana? then u shall found it. pengen liat wajah kekasihmu di sana? ohohoho ... mudah aja. pernah disodori gambar tiga dimensi? seseorang yang telah mengetahui kunci jawaban gambar ruwet tersebut pasti relatif lebih mudah menemukan gambarnya dibanding orang yang belom tau.
tapi emang, musti kudu teteb harus berpijak pada realita dan kenyataan. di sinilah logika berperan, sebagai polisi penjaga yang mencegah harapan-harapan dan keinginan jadi liar tak terkendali.
pendaratan dan penjelajahan Huygens di Titan emang belom sampe pada tahap final. mungkin masih banyak yang bisa ditemukan di sana selain kabut metana, sapa yang bisa prediksi? saat ini yang ditemukan di sana emang bukan hal baru. gag kaya' Mars yang di taon 20-an dulu sempet bikin heboh, waktu seisi dunia mengira bahwa di planet Mars hidup makhluk cerdas yang bisa mengancam eksistensi manusia bumi. karena apa? karena di mars banyak terdapat saluran air raksasa yang hanya bisa dibuat oleh makhluk cerdas dan maju ...
xaxaxa ... well, untuk sementara, selama makhluk kecil hijau dan jelek itu belom terlihat kasat mata dan diakui seisi dunia, semuanya itu hanya membuktikan satu hal ... bahwa Tuhan, adalah 'makhluk luar angkasa' yang luar biasa cerdas dan maju.

Monday, January 17, 2005

wadooooooowwww...

jariku kejepit pintuuuuuuuu!!! injured!
adoooooooooooohhhhh...
gag bisa ngetik niy...........
pegang mouse??? ...........
tuluuuunggg.......
kerjaanku........... ????

tapi milan menang euy!
chelsea juga!
indonesia? hiks....
liverpool? hiks lagi...

wadoooooowwww...
(*postingagpentinggagusahdibacaya...*)

Friday, January 14, 2005

homo floresiensis ...

baru-baru ini kabarnya ditemukan sebuah fosil di daerah Flores yang dinamakan Homo Floresiensis.. oleh duo ilmuwan ato antropolog (??) asing : Brown dan Morwood. yang lagi-lagi .. bakal memicu perdebatan seru antara sains dan agama. karena penemuan semacam ini toh bisa jadi bukti yang mendukung pada teori evolusi, yang notabene bertentangan dengan apa yang diajarkan dalam kitab-kitab suci.
paham umum agama kebanyakan adalah menerima begitu saja penciptaan manusia oleh tangan tuhan the almighty. sehingga muncul sosok adam dan hawa sebagai manusia pertama yang berwujud sempurna, layaknya manusia modern.
teori evolusi sama sekali gag dapet tempat di agama? betulkah?
gimana dengan teori sains yang lain? teori-nya Miller n Urey misalnya? eksperimen ato simulasi pembentuk alam semesta beserta isinya. yang mencampur uap air, hidrogen gas, metana, amoniak dan diberi kejutan listrik sebagai tiruan petir... kemudian menghasilkan asam amino, yang mana merupakan senyawa pembentuk protein... unsur utama dari sebuah organisme, dan kemudian berevolusi menjadi manusia modern. dan disambung dengan teori evolusi-na darwin .. lengkap de. kontradiktif dengan ajaran agama??? still.
sebenernya kalo mo ditelusuri lebih lanjut yah, bisa lah ditemukan beberapa benang merah yang menghubungkan keyakinan metafisik berwujud agama dengan sains yang berwujud paleoantropologi. meskipun denga begitu buanyak keterbatasan... rada maksa misalna, :p ato sebuah keterhubungan yang terkesan dicari-cari ... xixixi, tapi yang jelas usaha untuk mengkompromikan sains dan agama uda banyak dilakukan.
contoh : dalam alkitab .. kisah terjadinya alam semesta dimuat dalam kitab kejadian. di situ emang tercantum proses ketika tuhan satu persatu sampai pada hari ketujuh menciptakan isi alam semesta, termasuk manusia. yang tersirat adalah, bahwa mula-mula tuhan menciptakan materi, memberi perintah materi itu agar berkembang ke arah makhluk yang kian sempurna, sampai pada makhluk yang sanggup berpikir dan berakal budi. tuhan memberi kepada 'materi' tersebut gaya dan arah perkembangan tanpa menentukan arah dan jalannya... hmmm, berbau evolusi bukan begitu benar?
kemudian alquran ... kalo yang kubaca adalah bahwa dalam quran manusia muncul dalam sebutan yang berbeda2 pada beberapa ayat, sesuai dengan jaman diturunkannya. ada yang nyebut manusia sebagai basyar ... yang kira2 berarti 'kulit', dan ada juga yang menyebut insan, berasal dari kata ins yang berarti 'jinak' ... (ato kebalik yakk?? hmmm). pokokna, kalo digabung antara basyar dan insan, berarti konsep manusia pada awalnya adalah makhluk hidup yang berkulit dan jinak.
masih tak terlalu bertentangan dengan hukum evolusi bukan? dan itu berarti penemuan fosil2 manusia purba seperti homo floresiensis kemaren itu, bisa lah ... diakui secara global oleh agama. seharusnya.
tapi kemaren aku baca pertanyaan dari seorang ilmuwan, dokter dan peneliti.. yang yakin bahwa fosil homo floresiensis itu sebenernya manusia modern biasa, dari ras australomelan ... nngg what gituw ^_^ yang sebenernya menderita penyakit microchepali .. (kira2 kepala kecil gituw). xixixixi... ntah lah, seberapa jauh justifikasi ini bisa dipercaya. manusia kan selalu punya seribu satu macam alasan untuk melegitimasi apa yang diyakininya. demi kepentingan publik ... apa demi menjaga dogma???

Wednesday, January 12, 2005

punch me again...

mungkin aku emang salah ...
tapi tak taulah.
kalo gag salah, kenapa semua itu terus menerus 'mengusikku'? just when i thought everything's alright ... they come again and again. bagai topan yang terus menampar-nampar wajahku ...
WAKE UP!!! they say, loud and clear. don't u dare to sleep or hide... u've got to accept it!
dunno lah ...

yang aku tau, perasaan bersalah itu bagai rumput ilalang, meski coba dimusnahkan dengan berbagai cara dan dipendam dalam tanah, dia tetap hidup. pada saat-saat yang memungkinkan, dia muncul kembali di permukaan bumi. yupp, just like guilt. meski dilupakan, disembunyikan dan ditutupi, namun perasaan itu tetap saja hidup dalam hati kita. dengan tajam, dia bakal ngingetin kita akan peristiwa atau laku salah dan dosa kita di masa lampau. hidup suram ... dan jiwa yang muram .... xaxaxaxax... hiperbolic, yes?

U SHOULD'VE THINK OF SOMEONE ELSE'S FEELING!!!
aku tak tau, justifikasi apa lagi yang bisa kusampaikan. well, haruskah?
semua bilang : HARUS!!! harus, jenx... kamu harus bisa bela dirimu sendiri
tapi kurasa aku emang gag pernah membela diri, dan aku memang tak ingin. biarlah semua apa adanya. karena toh, bila emang benar aku salah .. i deserve all this, yes? caci maki aku, ludahi aku... tampar aku ... jika itu bisa melegakanmu, melegakan kalian semua. do it once, and straight, till it all clear. cos can't u see i'm tired of all this, when those knife stabbing me over and over again, everytime i feel save?
seseorang di masa lampau pernah mengajariku untuk tidak mempedulikan apa kata orang, apa penilaian orang ... in a positive way. it'll help u a lot to be more 'you', he said. and u know what jo? u godamned right this time ...

aku hampir-hampir tak peduli, kau persalahkanku atau tidak. biar nuranimu sendiri memutuskannya. karena ... semua yang terjadi ini punya seribu wajah. tergantung dari sudut mana kau melihatnya. i prefer my own angle. and i believe u've got your own angle. paradigma mempengaruhi segalanya, sayang. semua tergantung pada koridor pemikiran mana yang kaupilih.
just once ... hanya sekali mungkin, aku akan menunjukkan koridor mana yang kupilih, for u to know. bukan untuk membela diri, bukan pula demi mendapatkan maaf dan pengertianmu. karena jika kau benar-benar mengenalku, aku bukan orang yang akan membiarkan tujuan2 semacam itu mendistorsi apapun yang kulakukan.

aku hanya ... tak menyukai kemunafikan, itu saja
so, don't give me one...
xixixixi


Sunday, January 09, 2005

ku telah jatuh padamu ....

ternyata semuanya bakal kembali ke nominal
perhitungan untung rugi.
ketika memberi, kudu harus inget kemaren dikasih apa, ato besok bakal dapet seberapa....

cuih!
oh, tidak... reaksiku terlalu berlebihan sepertinya

tapi ... tidak adakah sesuatu yang seratus persen nirlaba? name one, pliz.. hanya tuk mengembalikan kepercayaanku terhadap ketulusan dunia yang munafik ini.

masih tanya juga jenx? harusnya kamu bertanya pada dirimu sendiri, sudahkah kau memberi setulus kau menerima? sudahkah ketulusan itu menjadi nafas dari setiap langkahmu? dari setiap uluran tanganmu? hakimi dulu dirimu sendiri sebelum kau menghakimi dunia...

oh, well...

sebuah inkonsistensi antara judul dan isi... tampaknya.. xixixixi.

Friday, January 07, 2005

a tribute to ...

Sisi ruang batinku ... hampa rindukan pagi..
Tercipta nelangsa ....

Xexexexexe, lagi keinget lagi itu teyuz. Dunno why. Laguna kla yang pualing aku suka. Basically, i don’t like them at all... xixixi, only that song! Hanya satu itu yang paling bisa bikin merinding..
Eniwe.. aku mo posting apa tadi ??? lupa..
A tribute to..
This one goes to couple o’ my pren outthere, yang sedang mengalami beberapa hal yang mungkin rada kontradiktif..

Fur temen2 satubumi yang jadi relawan aceh kloter pertama : didit, agus, isnan, dedi, aga, juprex, joko, wedhus, feri.. n then, kloter kedua : sepur, jarot, broto, johan, masbima??, sopo meneh??... good job, guyz. Well done guyz!!!, wish u ol luck de.

Really miss ‘em. It’s been sooooo long since my last visit to basecamp satubumi. Dan semua masih seperti dulu. Basecamp yang sama, suasana yang sama, barang2 yang sama, canda tawa yang sama, mas2ku sing ganteng2 dhewe tapi kok ya gag lulus2 gituw... xexexexexe. But i luv u all guyz. Suasana yang penuh idealisme sekaligus tawa. Lihatlah, senyum kalian masih selebar dulu, rayuan2 kalian pun masih segombal dulu.. xixixi, but there’s one big change there, i tell ya! Basecamp yang biasanya penuh sesak dan beraroma djarum, gudanggaram, djisamsoe dan rokok lintingan... sekarang banting stir, drastis dengan asap mild yang memenuhi ruangan... xaxaxaxaxaxa. Rasain lu pade! paru2na dah mulai jerit2 gag keruan tuw..... xexexexexexe.

n then ... mulkan di banda.. n reza di meulaboh.. yang sedikit lebih beruntung dibanding temen2 lain di aceh, karena keluarga intinya selamat semua.., Kalo falsafah jawa bilang, harus bisa bersyukur dan nrimo dalam keadaan apapun.. masih untung ‘hanya’ kehilangan harta benda, asal orang2 yang paling dikasihi dan dicintai selamat, dan masih bisa dikasih kesempatan buat kumpul lagi sekeluarga. wish de best fur u guyz..

last.. yang lagi hepi hepi joy yes? xexeexxex.. buat sunan, adit, bayu, undung, meta, ... sapa lagi? Oiya, mas parkit! Xexexe, congrats beneran niy kalo ini. salut, uda berani melangkah ke ‘sana’ xixixi, ajeng kapan nyusul? Hmmm... later later lah. Easy lah. :D. Special fur metatayank... go girl! U’re de first from nine of us, bachelorate party-na kapan niy?

Saturday, January 01, 2005

nu year's eve

ketika ditanya ... apa rencanamu taon baru ini? yang pertama terbayang adalah bantal, guling, kasur, seonggok cemilan dan agatha christie lawaz. yupp.. taon demi taon berlalu dan mulai terasa bahwa aku semakin sering menghindari bentuk2 keramaian, hingar bingar yang menyesakkan... dan menyukai lebih banyak saat teduh dan sepi. me time...^_^ apalagi dengan adanya peristiwa duka yang menimpa sodara2 kita di belahan Indonesia barat sono.. alasan untuk tidak melewatkan pergantian tahun dengan euforia berlebihan semakin kuat.
biasanya? kumpul bareng komunitas kecilku api unggun-an di kampus.. di pantai .. di gunung ... ato di rumah bareng keluarga.
taon ini, emang sampe pada detik2 terakhir sore 31 desember kemaren gag ada kesempatan buat mikirin rencana taun baru. suasana studio emang jauh lebih santai daripada biasa. siang2 uda pada santai nongkrong di depan tv, ato teteb di depan kompie tapi perang2an, ato freecell.. ^_^ meskipun gitu, teteb kepikiran kerjaan lom kelar2 juga, gag sesuai targed!! huaaa... makanya dah siap2 semua file masuk flash-disk buat dilanjutin di rumah..
ah ya, that's why.. isi kamar tidur itemputihku di rumah jadi idam2an yang paling sempurna malem itu. dan besok paginya molor sampe sing.. hmm... lezaaaddd..
manusia berencana, teman menentukan .. xexe. sepulang kerja pukul empat uda nongol seorang 'retro' yang memohon, menghiba, berlutut.. (xixi, nggak ding troo..) ngajakin nemenin dia nonton brownies. bole jugaa.. marcella cantik ya? bucek-na ndut! uih
dan ternyata memang musti mengubur dalem2 angan untuk bercinta dengan bantal gulingku malem ini, ketika temen2 lama ngajakin jalan. ayolah, get along with old friends yang uda lama gag ketemu, kurasa worth-it lah buat taon baru, meski akhirna rada dipusingkan dengan keramaian malioboro yang sungguh2 luar biasa memekakkan. berjalan kaki sepanjang malioboro yang penuh sesak dan ditutup buat kendaraan malem itu mungkin emang cuma bisa dinikmati setaon sekali. ada 4 stage sepanjang jalan utama. stage pertama dari arah utara didominasi musik 'retro' dan kronchonx chaos-na. mm... kedengeran rada garinx malem itu.
stage kedua .... adalah (omigodddddddddd!!) ber-genre rock metal. yang sempet kuliat adalah band yang khusus bawain lagu2 dreamtheatre.. (uwaa). 4 thumbs up lah, meski dengan tembelan kesalahan di sana sini, keberanian mereka bawain lagu2 DT cukup diacungi jempol. sebenernya kalo aku pribadi, lebih suka ngejogrok di situ. tapi ... ya, suara terbanyak mengatakan bahwa kami harus terus!! xixixi
stage ketiga ... genre ska n reggae, (ni yang paling rame keknya) ada prol tape di situ. they good lah, lumayan. meski lagu2na unfamiliar buatku, tapi ritme-na dapet. jalan lagi, stage keempat di ujung selatan jalan malioboro, katanya c stage "mampir tawa di jogja" yang ada butet, djaduk, wisben dkk. tapi waktu sampe sana kok dah kukut ya? tempet2 terbaik semua dah terisi orang2 ato komunitas2 kecil yang sekedar nunggu detik2 pergantian taon. komunitas mobil dan motor gawul berderet rapi di ujung perempatan. dan beraneka warna ragam orang2 ada di sana. semua dengan ciri khasna masing2.
capek jalan, akhirnya aku ma temen2 mutusin buat gabung sama komunitas2 itu, duduk. pukul 23.17 mulai bernostalgia ngobrol ngalor ngidul inget jaman2 studio TA dulu di tempet favorit kami sejak dulu... angkringan! u yeah... meski bukan di tempet biasa, tapi teteb teh anget, kacang, sate usus sate telor n nasi kucing yang sama, dengan suasana yang sama pula.
jam besar di depan kantor pos besar masih menunjukkan pukul 23.50 ketika tiba2 fireburst warna warni itu mulai ditembakkan di udara. lho? dan akhirnya, secara bersamaan mesin2 motor dan mobil dinyalakan bersama2, deru knalpot, tiupan terompet termasuk terompet tanda bahaya di pasar beringharjo membelah kesunyian malam malioboro, menandai pergantian taun yang terlalu cepat 10 menit... ^_^
asik juga... dan semua saling berjabat tangan...
well.. hepi nu year 'ol!!!!