Wednesday, November 17, 2004

jalan2 ke pasar kranggan ....

jalan-jalan ke pasar kranggan, jangan lupa beli durian. mumpung masih hari lebaran, ajenx salah mohon dimaapkan. meskipun telat menyampaikan, yang penting maksud hati kesampaian.
met lebaran, teman!!! ^_^
lebaran hari keduwa.. semua kewajiban sebagai orang muda untuk menghaturkan sembah bekti pada orang2 yang lebih tua telah ditunaikan. perjalanan pulang kembali ke realitas.. ke rutinitas. dari solo ke jogja perjalanan lumayan lancar juga, hampir ga kejebak macet c. dua mobil keluargaku lancar2 aja jalan beriringan. heran juga. dibanding lebaran 2 taon lalu jalan bener2 lengang gituw. tapi yah, teteb ada bencana minor. tiba2.. di daerah delanggu ban mobilku meleduq!! xaxa dan ban serep pun kempes gitu loch. akhirna setelah nyari2 dengan cemas ketemu de satu tempat tambal ban kecil di pinggir jalan. pertamanya aku lumayan skeptis juga ngeliat kecilnya t4 itu. bisa ndak ya nanganin ban mobil bocor?? tapi ya itu tadi, lagi2 pepatah don't judge a book by its cover itu terbukti. kecil2 gitu tapi lengkap bow, pirantinya, ngalah2in tambal ban bejo di deket rumah yang biasa nangani ban2 truk gedhe.
pemiliknya adalah sebuah keluarga kecil yang kayanya c juga tinggal di situ. sepasang suami istri muda sederhana dan seorang anak lelaki kecil. rumahnya bener2 sederhana.. hanya sebuah barak seng berukuran 2x3 meter ditambah ruang untuk bengkel yang juga menampung dipan dan meja dapur kayanya.. wong ada termos dan tempat nasi segala macem. ketika sang suami sedang mengerjakan ban kami si istri ini memperhatikan dari tepi dipan bersama sang anak yang kadang2 membantu ayahnya tapi akhirnya tertidur kelelahan di dipan di samping ibunya.
sebuah potret suasana lebaran yang sungguh2 lain menurutku. sama sekali ga ada bau2 pesta ato perayaan di situ.. tapi anehnya juga tidak ada aroma derita kemiskinan... xixixixi. kecuali suasana minimalis itu tadi c. sang ibu juga tetap keliatan ceria banget dan kooperatif diajak ngobrol, cerita tentang kenakalan2 anaknya semata wayang. aku ngeliat binar semangat di matanya, dan sikap memuja dan mesra ketika menatap suaminya.. yang terlihat sangat kompeten ngurus ban2 segedhe gajah ituw. awww..xixixi. meskipun di hari di mana orang2 pada berpesta pora mereka tetap harus banting tulang sampe malem buat cari uang.. hmmm. ntah kenapa jadi tersentuh.. xixixi. palagi ketika ngeliat binar si ibu waktu diberi sekotak kue kering .. rasanya jadi bersyukuuur banget gituw.
xixi, jadi kepikiran.. begitu beragamnya makna lebaran bagi orang2 ya. buatku pribadi c lebaran berarti mudik ke solo. lontong opor. ketemu keluarga besar.. sungkem. standard lah. tapi buat orang2 lain, apa? pasti macem2. ada yang duniawi.. ada yang lumayan religius dan ada yang dikotomis, di tengah2nya. lebaran berarti saat pamer ke sanak sodara? weits, duniawi banget tuh. tapi kurasa banyak banget yang masih berparadigma seperti itu. xixixi.
lebaran kali ini c rada beda buatku, soalnya begitu banyak sodara yang musti dikunjungi. berhubung keluargaku yang dari papa keluarga solo asli yang 'mriyayeni' jadi yaa tradisi sungkem sambil bersimpuhnya masih kuentel banget. taon ini ga seperti taon biasanya pergi ke tempat eyang buyut.. yang kebetulan masih sugeng (tinggal eyang putri c) . terkesan banget aku ngeliat beliaunya. jarang ketemu c, tapi seingatku tetep cantik kaya dulu meski dah tuaaaaaa banget. layaknya putri2 solo lain, masih setia dengan kebaya dan sanggul bahkan dalam kehidupan sehari2.. ngomongnya lembuuut, dan halus. sinar matanya masih ramah seperti dulu. yang bikin rada tercengang ya nasihat beliau ke aku .. tegas dan tanpa tedeng aling2 : jangan nikah dulu!!! tanda seru tiga kali, plus masih ditambah lagi : kalo pacaran jangan mempeng2, cari kerja dulu yang mantep, sukses baru nikah!!! xaxaxaxa, padahal sepupu2ku yang lain yang sepantaran ga diomongi kayak gituw.. (hmm.. fenomena apa ya niy?). aneh gitu lo, kalo yang lain kan biasanya ditanyain.. kapan ni nikah? ato mana calonnya kok ga dibawa dst dst, lha aku kok ndak ditanyain gitu ya?? malah dipenging jangan nikah cepet2. xixixi. iya c, katanya kalo ketemu keluarga gitu yang paling bikin rikuh kalo ditanya kapan nikah.. tapi aku jarang ngalamin c. yang bikin rikuh tu kalo dah ketemu keluarga besar ato dikenalin ke kerabat lain gitu mesti pake diembel2i... "nii, insiyur kita.. besok tante dibikinin rumah ya jeng.." ato "wah, uda insinyur tapi kok masih kecil gini c??" biasanya cuma bisa mesem2.
wax..tapi seru. and above all.. banyak makanan!!!! xaxaxaxa ngemil teyuz. coklat, kastengel, mete ... duniawi skali ya?? uhuhuhu.
ben lah ben.
selamat lebaran semuanya...
happy holidaay!!!