Tuesday, November 30, 2004

manusia bodoh

Dahulu terasa indah
Tak ingin lupakan
Bermesraan selalu jadi Saturday kenangan manis


Tiada yang salah
Hanya aku manusia bodoh
Yang biarkan semua ini permainkanku
Berulang ulang ulang kali

Mencoba bertahan sekuat hati
Layaknya karang yang dihempas sang ombak
Jalani hidup dalam buai belaka
Serahkan cinta tulus di dalam takdir

Tapi sampai kapankah kuharus
Menanggungnya kutukan cinta ini
Bersemayam dalam kalbu

Tak ayal tingkah lakumu
Buatku putus asa
Kadang akal sehat ini
Belum cukup membendungnya

Hanya kepedihan
Yang selalu datang menertawakanku
Engkau belahan jiwa
Tega menari indah di atas tangisanku

Semua kisah pasti ada akhir
Yang harus dilalui
Begitu juga akhir kisah ini
Yakinku indah

haiya... si kucing jadi melllo mello gini de, ho'oh... lagi gloomy. apa gara2 ujan teyuz ya? hmm, another kontradiktif thing i guess. katanya kutjing, kok suka ujan. katanya suka ujan, tapi waktu ujan kok jadi gloomy. itu satu lagi bukti dah, ini lo ndre yang aku bilang i'm simple in my complexity. sederhana dalam kerumitanku. xixiixixi.

Monday, November 29, 2004

sesuatu yang menggelitik kikikikikikiki...

xaxaxaxa... mungkin ada beberapa yang s4 denger peristiwa ini, tapi ntah gimana reaksi mereka, yang terang aku ketawa geli waktu pagi itu baca berita itu di koran. tentang penangkapan wakil walikota bogor itu lo..
hehehe, ya gitu de, palagi waktu liat beritanya di tv, heboh tenan rek!! nggak malu apa ya bikin keributan kaya gitu.. seseorang yang notabene seharusnya jadi panutan masyarakat di bawahnya.
yang jelas beliaunya ni akhirnya tertangkap polisi, karena tuduhan penggelapan. sebelomnya s4 ditahan gara penggelapan dana whatever sebesar 5 milyar rupiah! tapi dibebaskan (%$#@!#%) dan dikenai status tahanan kota dengan alasan sakit, dari surat dokter (astaga...), eh, uda gitu akhirnya belakangan ini diketemukan lagi bukti penggelapan beliaunya ni nambah sekitar 2 milyar lagi.. jadi total penggelapan beliaunya ni 7 milyar!!! (gosh, dibeliin kwaci dapet sabaraha ya??)
so... ditangkep lagi.. apalagi waktu itu dia diketemukan sedang mengikuti sebuah rapat ato pertemuan di kawasan cibinong.. (padahal lagi dikenai tahanan kota).. tau alasan waktu ditangkap? beliaunya berkilah TIDAK TAHU bahwa cibinong merupakan kawasan di luar bogor... (tolooonggg, yaa.. wakil walikota gitu loo)
trus... belom selese niy, masih ga cukup juga kayanya, ditambah lagi adegan drama penangkapan beliau yang diwarnai 'sedikit' pemberontakan (macem anak tk mo diajak ke dokter gigi ajah).. uda gitu apa pembelaannya? bukannya menyesali perbuatannya, malah berkali2 teriak "ini tidak adil!!!! di mana keadilan??? bukan saya saja yang memakai uang itu! harusnya yang lain diadili juga dong..."
hwarakadah, manusia oh manusia.. gemes juga c ngeliat kaya gitu. satu lagi bukti bahwa keadilan merupakan sesuatu yang subyektif. dan bahwa hukum itu sama sekali ga mutlak, dan hanya kan menjadi tempelan dalam kehidupan bermasyarakat jika tidak diikuti paradigma kesadaran dari dalam. esensi!!! sekali lagi esensi!!! (ciee, yang pemuja esensialisme, jujurisme, tidakmunafikisme aliyaz tulusisme..^_^)
walah kalo cuma mo berpegang pada hukum di permukaan, ndak akan pernah tercapai itu keadilan. hukum selalu punya celah. lain halnya dengan conscience. makanya itu kenapa suharto, tommi n wakil walikota tadi jadi seorang pesakitan. berbekal surat keterangan dokter... bereslah! xaxaxaxaxaxaxa. contohlah gusdur dalam hal ini, semua orang tau.. beliau punya kondisi yang relatip kurang dibanding pria2 sehat lainnya. tapi beliau masih bisa.. demo jalan kaki, ato vokal aktip berpolitik, terlepas dari sepakat tidaknya kita dengan pandangan beliau..tapi semangatnya, bolelah ditiru.

Sunday, November 28, 2004

i'm hoooommmm... !!!

i'm hoom!!!! xexexexexe. padahal ya cuman 5 hari out of bumi Jogja lo. ya itung2 refreshing lah. hanya sebuah petualangan kecil dalam kehidupan urbanku. xixixi. semarang kaline banjir.. , wow baru kusadari ternyata bumi semarang sangat indah dan menyejukkan. begitu banyak pohon2 dan topografi yang sama sekali ga monoton aliyaz naik turun ndak keruan. beda sama jogja yang lurus2 aja, yang datar2 aja, yang panas2 aja.. (well, sekarang c dingin2 aja c ya).
satu hal yang kusesali dari perjalanan itu dan bakal kujadikan pegangan seumur idupku adalah.. jangan pernah bepergian keluar kota dengan hanya memakai dan membawa sepatu sandal dengan hak 7 senti!! xaxaxaxa. lha iya, gimana lagi. seumur2 baru kemaren itulah aku bepergian jauh pake sendal pesta hak 7 senti. hey, bukan maksudna sok centil ato mo keblinger jadi sok feminin (*glups*) tapi ceritanya emang seidikit berbau insidental. pada hari h di mana aku jauh2 hari uda memutuskan untuk bertualang ke semarang sendiri itu, tiba2 ada beberpa skedul mendadak yang ndak bisa di cancel.. xixixi. jadi pagi musti melayat dulu ke tetanggaku, trus nganterin enyak ke kampusna di demangan, trus jemput babe di kantorna di jl. mangkubumi, abis itu njagong manten anaknya temennya babe di puakem nun jauah sono tuuhh... baru aku dianterin ke jombor, naik bis patas nusantara. xaxaxa. mana pembantu di rumah kayanya melarikan diri gituw, sejak seblom lebaran ndak balik2.. jadilah suasana keberangkatan yang cukup kemrungsung.
pertama yang dibingungin c... kostum! barang bawaan c bisa dijejalin ke mobil dulu.. soale biar menghemat waktu, jarak n tenaga, sekalian jalan gituw. jadi musti milih kostum yang bisa merepresentasikan suasana berkabung.. (jangan yang ceria2 gituw), plus yang rada glamour sekaligus posh (buat njagong manten).. sekaligus baju yang nyaman buat perjalanan jauh. o'owww... cewe2 gitu loch. meskipun kata temen2 saya cukup cuek, tapi yaa... tau diri lah, gimana bisa menempatkan diri. lagian kebayang ga c, dateng ke layatan pake rok rumbai2 ato kebaya ngejreng, ato mo naik bis pake gaun pesta..? ato njagong manten pake sendal gunung plus kaos oblong?
xaxaxa, ya uda, berhubung keburu2.. ya cuma pake jins item, kaos biru yang rada resmi.. plus jaket jins semi formal. n then de final touch, dan biar keliatan lebih 'mesta' gituw, pake sepatu sandal 7 senti itu tadi. yang mana kusesali ketika aku harus tersandung2 dan sedikit2 mengernyit ketika harus jalan dari pangkalan bis ke rumah sodaraku di kawasan srondol, semarang sono. beberapa suitan dan sapaan iseng dari orang2 di jalan ndak kugubris sama sekali.. ya maap, lagi sibuk terkonsentrasi di kaki.. xaxaxaxa. mana aku lupa lupa inget rumahnya gituw.. awww... nggak lagi deehhh. no no no!
haiya, ketika dapet kesempatan jalan pertama kali, barang yang kubeli pertama adalah sandal! xxaxaxa. sandal jepit diskonan itupun akhirnya menemaniku menyusuri semarang dengan perasaan lega luaaarrrrv biasa... xixixixi. seru, seru, seru.
abisnya, di sana nafsu makanku meningkat drastis!!! ohohoho, bukannya biasanya juga gitu jenx? dari bakso sampe steak, dari tahu gimbal sampe makanan jepang.. ohohoho. tapi kok beratnya ndak naik2 juga yaa. hmmm, sampe temenku kemaren ngiri.. "gile jeng! kamu masih muat makan lagi? aduh, enak ya jadi kamu.. ga pikir2 kalo makan" ohohohohoho. lucky me, i guess.

Monday, November 22, 2004

kucing vs snake

wawawawawaaaaaaaaa... miauuuw
hari ini ktemu musuh besarku!!! ya sapa lagi c, si pemilik lidah bercabang dan yang berjalan dengan peyutna?? hiii, sampe sekarang masih merinding gituw
benar benar. jadi ceritanya gini, siang ini waktu lagi nyuci piring tiba2 dibikin shock tujuh keliling oleh hadirnya accompany yang sama sekali ga saya harapkan. ntah sejak kapan dia dah sembunyi di situ, di deket tempat sabun, diem seribu bahasa, menatapku dengan matanya yang besar dan licik, sama sekali tidak menggerakkan perutnya yang bersisik dan tak bertulang. cuma diem c... tapi cukup lah bikin saya terjengkang ke belakang, dan tak kuasa untuk berteriak sekalipun. yeah! seekor ular yang katanya c ular kayu, kecil dengan panjang sekitar setengah meter berwarna coklat dengan belang cincin warna item.
oohhh, mana ga ada orang di rumah lagi... selain adek kecilku tentunya, si lintang. awwww... gimana niy... puter otak puter otak. FYI aja de, saya tuw paling phobia sama yang namanya ular! semua hewan yang tak bertulang itu, dan yang berjalan dengan peyutna dan berlenggak lenggok. iiiii.
but someone's got to do something toh? meanwhile.. kamu taukah betapa kurang ajarnya si ular kayu itu? ketika aku akhirnya nemu lagi suaraku dan teriak manggil adekku dia bener2 bergeming. diem, tetep menatapku dengan matanya yang besar seakan tak terpengaruh.. bahkan ketika aku meneriakkan rentetan sumpah serapah (xixixixi) buatnya, teteppp bergeming. malah berkali2 menjulur2kan lidah cabangnya.. *glups* akhirnya setelah berperang dengan diriku sendiri, aku terpaksa menelan harga diri dan emansipasi femininku dan segera menyuruh adekku untuk nyari bala bantuan ke tetangga. aku tetep di situ, sebagai simbol perlawanan terhadap ketakutanku sendiri... balas menatap mata si coklat belang2. padahal keder juga. xixixi. ohhh, lima menit berlalu serasa seabad lamanya!
akhirnya datang bala bantuan... (ehm, mas siapa ya.. aku ndak tau namanya.. maap euy) dan berhasil ngusir itu hewan celaka keluar. xixixixi. dan selama waktu itu bulu kudukku bener2 merinding ngeliatna. waktu kuceritain ke mama.. beliaunya malah balik menyelidik.. "kamu punya janji besar ya? yang belom kamu tepati... ada yang nagih tuh..."
wew, saya teh cuma bengong ajah dibilangin gituw. ternyata oh ternyata, kepercayaan jawa bilang kalo kita ketemu ular yang menjulur2kan lidahnya, berarti seseorang sedang menantikan terwujudnya janji besar yang pernah kita ucapkan. pertanda gituw, preminition .awwwwww... *glups* say no more dah! xixixixixi.

bertanya 2nd edition

" Kenalilah dirimu sendiri. Siapakah kita ini, manusia, makhluk kecil yang nampak tidak bermakna di tengah alam raya yang maha luas?" maha pertanyaan yang diajukan maha-tokoh philosphy, Socrates ini membuka perburuan tokoh2 filsuf lain dalam perburuan tiada bertepi mengenai.. yah hakikat manusia, bahkan sampai pada detik ini. wew, kadang aku bisa takjub sendiri kalo baca2 biografi ato karya2 dan pemikiran tokoh2 filsuf jaman dulu. gosh! bagaimana mungkin mereka bisa begitu metodis dan sistematis memikirkan segala sesuatunya.. dan begitu cerdasnya menghubungkan semua benang2 keperakan itu, benang2 pengetahuan yang saling tumpang tindih dan menghasilkan suatu maha pemikiran yang ... logis! dan keragaman pemikiran mereka itu loo... ck ck ck.. bener2 kuasa-Nya kalo gituw, bisa menciptakan benda kelabu dalam kepala manusia yang bisa memuat begitu banyak pemikiran setajam silet. xaxaxa.
oiya... salah satu literatur yang kutemukan (elements of philosophy-nya Louis O.Kattsoff) secara lugas mencoba memberikan penyelesaian akan pertanyaan hakikat manusia.. yaituu..:(sik sik sik ... terlalu banyak sebenernya yang musti dipaparkan di sini, tapi ya singkat aja lah)
1. penyelesaian realisme klasik
2. penyelesaian teologisme
3. penyelesaian idealisme
4. penyelesaian materialisme historis
xixixi, ternyata usahaku dalam kategorisasi yang kemaren ga terlalu melenceng jauh ya.. maksudku, sebagai orang awam ternyata tak jauh kalah dengan filsuf terkenal. xixixixi.
1. penyelesaian realisme klasik; yang menonjol dari kategori ini adalah paradigma yang diajukan aristoteles, yaitu manusia merupakan makhluk hylomorfis, yang mempunyai 2 bagian yang hakiki, 2 prinsip yang menyusunnya yaitu : raga material yang terorganisir dan hidup rasional yang menggerakkannya. ato dengan kata lain ia mendefinisikan manusia sebagai hewan yang rasional. (Introduction to Realistic Philosphy, Jon Wild)
2. penyelesaian teologisme, ini yang kusebut kemaren dengan paham metafisika. muncul sekaligus sebagai kritik atas penyelesaian realisme itu tadi. pertanyaan awalnya adalah, jika manusia memang merupakan hewan rasional, mungkinkah menganggap dirinya sebagai seorang hakim sekaligus pihak yang dihakimi? masuk akalkah manusia menanggapi hidup ini sebagai sesuatu yang tidak berharga dan melakukan bunuh diri.. ato menciptakan dogma agama yang mengabaikan hidup, jika ia semata2 seekor hewan? oiya, teologisme di sini tentunya ga bisa dilepaskan dari ajaran kristiani yang berawal dari pemikiran bahwa dalam perjalanan mencari penyelesaian orang tentunya menemukan unsur transedensi yang mengacu pada sesuatu yang lebih besar di luar manusia. singkatnya, dari penyelesaian ini muncul jawaban hakekat manusia sebagai makhluk yang bebas, tetapi juga merupakan makhluk berdosa, dan dibuat menurut citra Tuhan. (The Nature and Destiny of Man - Reinhold Niebuhr) hmm, kaitannya dengan iman, itu pasti.
3. penyelesaian idealisme. oh, well... bagiku penyelesaian yang satu ni rada kabur. foggy gituw, ndak jelas. ato karena otakku ndak nyampe aja ya? xixixi. eniwe, yang bisa kutangkep adalah bahwa penyelesaian ini (lagi2) hanya merupakan salah satu kritik terhadap paham aristoteles, (manusia sebagai animale rationale), tapi manusia disebut sebagai animal symbolicum. mungkin bisa dipahami dari analogi berikut ini, misalnya ada pertanyaan : "apakah seorang penulis itu?" dan dijawab dengan "seseorang yang menulis" kemudian muncul pertanyaan lain lagi : "apakah menulis itu?" dan dijawab lagi dengan :"ada buku2, karangan2, risalah2, dsb. penulis adalah seorang yang buah pikirannya diungkapkan dalam perkataan2 yang tertulis ato tercetak seperti ini"
nha, lewat analogi ini ditemukan penyelesaian idealisme tadilah.. bahwa definisi manusia dapat diselidiki berdasar hasil2 karyanya, berdasar simbol2 yang ia punya... yang tidak dipunya oleh makhluk lain (baca:hewan) di sinilah perbedaan dengan paham makhluk hylomorfis tadi. manusia dipandang bukan sekedar bisa menemukan alat2 kerja, ato mempunyai jari dan ibu jari yang berjajar. tidak hanya hidup dengan akalnya, tetapi manusia terlibat dalam jalinan simbol2 yang diungkapkan melalui dan di dalam bahwasa yang dipakai, bentuk kesenian, simbol mitos, dan upacara keagamaannya. (An Essay on Man-Ernst Cassirer) aaaaaaarrrrrrrgggghh.... jadi??? nngggg... ada yang bisa membantuku ngeliat benang merahnya? xixixixi. aku bisa ngeliat c, samar2... tapi ya itu, aku ndak tau gimana menyampaikannya. wahahahaha.
4. penyelesaian materialisme historis; penyelesaian yang berdasarkan pada hukum evolusi... dan marxisme. bahwa definisi manusia pun mengalami perubahan. (hakekat manusia sesungguhnya mengalami perubahan). manusia tidak selamanya ada, dan tidak selamanya sama. menurut paham evolusi toh, semula tidak ada hidup, kemudian timbul hidup tetapi belum ada manusia. selanjutnya berkembang manusia berasal dari suatu anorganis yang berawal dari eksistensi molekul2 protein. inilah yang juga diyakini dalam marxisme dan memunculkan istilah dialektika : (perubahan merupakan akibat adanya pertentangan di antara kekuatan2 yang saling berlawanan dan tidak dapat didamaikan) ketika pertentangan mencapai suatu intensitas tertentu, secara tiba2 terjadilah perubahan bentuk.

ahh, tolong... saya kewalahan. xaxaxaxaxa. kewalahan menyerap segalanya. ga jelas ya? sama...wahahaha, ya maap gituw, abis semuanya itu kan jelas2 ndak bisa jelas dalam satu dua kalimat. seperti yang udah kuperkirakan sebelumnya.. aku pasti nantinya gagal jadi metodis dan sistematis kalo uda mulai menjelaskan sesuatu. ga tau knapa, di dalem sel abu2 ku tu terlihat jelas.. tapi klo dah mulai ngungkapinnya... ...xixixi. ndak papa, lah. kurasa itu malah bagus. setidaknya pokok pemikiran utamanya kan ada, terserah interpretasi masing2 ajah. kan justru itu yang bikin sebuah debat dan pemikiran jadi menarik. menggali apa yang masing2 kita temukan dalam perjalanan, dalam labirin otak kita. xixixi.
waw, iya dee. untuk sementara cukup sekian. end of case.. banyak yang protes soalna kalo postingannya terlalu berat. wew, coba kalo ada pensieve-nya dumbledore ya? bisa naro sebagian pemikiran dan memoriku biar ndak terlalu berat. hohohohoho.

Saturday, November 20, 2004

miauw..??

miaaaaaaaaauuuuwww....
hoahem.. lagi kosong niy. ndak tau mo posting apaan. xixixixi. iseng ajah.
enggak ding.. mo ngelanjutin postingan yang kemaren gituw (*bertanya dan bertanya), tapi pardon lah, blom lengkap referensinya. xixixi. jadi maap, kemaren ntu hampir tanpa referensi khusus. naa ini baru buka2 bukunya nyonya besar aliyaz bundo kanduang, xixixi ternyata ada!!!! klasifikasinya jelas lagi! tentang definisi manusia pada umumnya. ada 4 gitu kayanya. ntar lah.. blom selese niy bacanya. ndak sempettt.
iya ya fir? aku ga terlalu tau tentang levi c.. tapi kalo tentang si freud ini, nngg bukan ketaksadaran toh? aku kok cenderung nganggep pahamnya sigmund itu sebagai salah satu contoh paham yang timbul karena pengalaman kognitif ya? buktinya dia punya teori itu toh, kamu pernah denger ga? tentang perilaku seksual manusia yang muncul sejak anak2, bahkan sejak kita balita... and itu efeknya guedhe banget ke perilaku setelah dewasa. contoh kecil aja... menurut freud perilaku bayi yang suka ngemut jempol itu termasuk perilaku seksual... yang terbawa sampe kita dewasa... ntah kalo dah dewasa ngemuth apa dee terserah.. (*wataaauuuwww*)
trus perilaku cowo remaja ngerokok, ato bahkan cewe remaja yang suka ngemil itu bawaan, ato sedikit banyak diakibatkan karena masa kecil yang kurang kasih sayang. ato gimana ya? yaa itu, salah satu perilaku seksual yang terbawa dari bayi, yang berkaitan dengan 'pekerjaan mulut'. gituw. mungkin emang... ada unconscience-nya yah? yaa... tergantung diliat dari sisi mana c, tapi kalo menurutku cenderung ke pengalaman kognitif seseorang. deretan kontinu kesan-kesan itu tadi..
oh! ato yang komaksud tuu konsep id, ego n superego-nya freud??? yaa, iya juga c kalo ituw.
tapi kayanya c... kalo dah menyangkut uncons itu tadi, lebih ke metafisika ya? suatu kepercayaan dan keyakinan?? ah, dunno lah. xixixixi. ato mungkin kamu punya pemikiran lain, fir??? xexexe.
wawawa... jadi ngoceh lagi toh... padahal tadi dah pengen niatan keukeuh cuma mo ngomong sebaris dua baris ajah. tentang kosongnya diriku... xixixixi, ternyata... semuanya ga bisa brenti. ya sel abu2, ya tangan... xixixi.
ajenx lagi seneng niyy.. (wew, bukannya biasanya juga seneng2 mulu jenx?) lagi sering kumpul2 ma temen2. pada mudik smuaa kembali ke pangkuan jogja smua..gathering with all the gals.. sita, ana, irma, meta, buntal, idhez, mamie.. ufff. always fun! rumpie abiz dah pokokna. xixixixi. trus reuni sma (ehh fir, dirimu tak dateng yaa?). ga dateng c, akunya. abiiisss... knapa ya? hmm bad timing i guess. hohohoho. sapa suruh ndadak gituw...
ah sudahlah.

Thursday, November 18, 2004

bertanya dan bertanya....

dalam beberapa minggu ini ada 2 pertanyaan senada yang terlontar dari 2 forum yang berbeda. yang pertama ketika seorang teman bertanya padaku .. "terus aku ini apa? manusia ... anjing .. ato tuhan?" dan yang kedua tercantum dalam comment di forum ini, yang menyatakan bahwa kategorisasi, ato apalah penggolongan dan identifikasi seseorang itu penting.
begitukah? aku sendiri dulunya berpendapat bahwa kita ini sedang berada dalam proses evolusi. bukankah ada teori evolusi yang menyatakan dulu kita berkembang dari monyet menuju ke kita yang sekarang ini? i'm not saying that i do believe those evolution theory. tidak secara morfologis, melainkan kita sedang berkembang secara psikis.
tentunya pertanyaan who am i, ato what am i.. adalah sebuah pertanyaan definitif, tapi aku yakin si penanya tidak mengharapkan jawaban yang naif dan denotatif tanpa tedeng aling2 bahwa "kamu itu manusia. titik." karena selalu akan bisa terkejar oleh pertanyaan lain.. "trus manusia itu apa?" demikian terus menerus sampai ditemukan jawaban yang bener2 empirik.
sekian definisi, sekian epistem telah diajukan dengan penekanan yang berbeda2 mengenai pengertian 'manusia'. ada pengertian metafisika, yang begitu saja menyerahkan epistemologi kepada hal2 yang tidak tertembus rasio dan sedikit berakar dalam takhayul masyarakat. yah, kalo itu yang dijadikan tolok ukur yaa.. ga bisa diutik2 lagi. bahwa manusia adalah salah satu ciptaan tuhan yang derajatnya paling tinggi, bahwa perempuan tercipta dari rusuk lelaki.. yah, itu semata kepercayaan. dan ga salah juga c, bagi sementara orang yang cukup puas dengan dogma dan kepercayaan metafisika.
kalo menurutku ada tiga aliran epistemologi yang bisa merangkum semua definisi tentang 'keakuan'. yang pertama metafisika itu tadi, yang antara lain dianut oleh plato cs. yang kedua adalah paham yang menitikberatkan pada rasionalisme, yang mengutamakan akal sebagai sumber pengetahuan. logis dan nalar yang dijadikan pijakan. hakikat manusia dijawab secara deduktif. dan di sinilah lahir proses judgement yang biasa dianut masyarakat. jadi kalo sesuatu terlihat mempunyai ciri seperti manusia dia dikatakan manusia. iya, semata pengamatan kan?
ada kelemahannya niy. dalam kenyataan kita hanya melihat pelbagai segi yang melekat pada sesuatu sebagai a bundle of perceptions, tapi tidak pernah 'sesuatu' itu sendiri. bahwa kita menganggap semua segi seseorang - gerakgeriknya, bentuknya, warnanya, tertawanya, dan sebagainya - sebagai ciri orang tersebut. sebagai ciri manusia. ini sedikit kritik bagi paham rasionalisme. menurut mereka definisi manusia hanyalah merupakan ciri manusia tersebut.
yang mungkin tidak jauh beda adalah aliran ketiga : aliran empirisme. manusia, ato 'keakuan' dimengerti sebagai "deretan kontinu kesan-kesan" . jadi dipercaya bahwa pikiran manusia ketika lahir hanyalah berupa suatu lembaran bersih, yang padanya pengetahuan dapat ditulis melalui pengalaman-pengalaman inderawi. ini menurut john locke kayanya. xixixixi, ya maap... lupa gitu loch.
so, berarti menurut paham empirisme... definisi bisa berkembang toh, sesuai dengan pengertian masing2 individu, dan sesuai dengan pengalaman kognitif masing2. bagi seseorang yang dilahirkan dalam keluarga miskin misalnya, manusia bisa berarti seseorang yang bisa sangat kebal terhadap penderitaan. bagi seseorang yang dididiki secara normatif tentunya berpendapat bahwa manusia adalah bias norma lingkungannya, media representatif mengenai norma, dst dst.
jadi beda dengan paham rasionalisme yang menitikberatkan pada proses deduktif, empirisme memecahkan persoalan melalui metode induktif.
xixixi... jadi menjawab pertanyaankah semua uraian itu tadi? ndak lah. aku cuma pengen menunjukkan betapa beragam dan menakjubkannya pemikiran yang bisa dihasilkan masing2 individu. ga ada yang salah ato benar. karena itu kebenaran itu sendiri merupakan sesuatu yang relatif.. dan kadang terasa abstrak. definisi tentang manusia pun demikian. aku adalah aku. i could be what i want it to be. definisi mengenai manusia hanya akan memberi batasan pada manusia itu sendiri. kita ga akan bisa bebas mengeksplor apa yang kita punya, ato apa yang pingin kita lakukan. padahal definisi umum itu sama sekali ga mutlak. sama seperti pendapat david hume yang kebetulan seorang atheis (hey, ndak relevan ya).. bahwa kebenaran, dalam bentuk apapun ... itu sama sekali tidak mutlak! xixixixi.
setuju? terserah....

Wednesday, November 17, 2004

fanatisme n amusement

aku keranjingan bola!!!
xixixi... berita basi kayanya yah. oke oke oke.. mungkin uda sejak taon 96 yah aku keranjingan bola, nonton bola maksutna. kalu main yah, ntar dulu dee...
tapi kemaren kan s4 off waktu lagi sibuk skripsi n setudiyo..*glups*. n now, i'm back! aku kembali berdebar2 nungguin tiap akhir pekan hanya untuk nongkrong di depan tv, yang notabene ga pernah kukunjungi selain akhir pekan ituw ^0^.
nesta? milan? tetaaapppp. merekalah yang kusebut2 sebagai produk fanatisme-ku.
tapi adaa lagi yang lain. yang membuat tiap hari senin sama kamis jadi lebih spesial (soale bola terbit hari itu xixixi). pasukan arjen robben cs!!!!!!!!!!!!!!
xaxaxa, seumur2 aku ndak pernah yang namanya suka sepak bola yang berbau2 inggris.. (kecuali oasis, obviously). hanya mereka.. yang membuatku tidak hanya melirik, tapi melototin premiership every weekend.. weiss weiss weiss... memukau! amazing! chelsea fc. dengan komposisi pemain yang buwatku c kelas dua gituw mereka bisa menyuguhkan permainan dan tontonan yang memukau. kinclong, dan hampir tanpa cela. agresif sekaligus defensif. rapi.
ya gara2 siapa dulu dunk? pastinya ya gara2 si pelatih-tampan-ganteng Jose Mourinho. bbuset, bapak satu ini. aku dah appreciate dia sejak dia bawa porto jadi juara champion kemaren. nha sekarang, bawa chelsea bisa geser posisi the gunners di puncak klasemen sementara. si jose ni tipe orang yang keras, dan mungkin ga banyak disukai orang c, karena omongnya kritis n blak2an. tapi berpendirian, buktinya di awal musim dia sempet dicela abis sama penduduk inggris, gara2 sikap arogannya dan beberapa pembaharuan yang dilakukan yang waktu itu belom keliatan. but look at him now, menuai hasil dari pembaharuannya. sekali lagi membuktikan dia pantas berada di puncak. fakta bahwa dia didukung kucuran dana dari milyarder roman abramovich sebagai pemilik chelsea dia manfaatkan dengan belanja pemain. terkesan boros emang, tapi hasilnya kan ada toh? ga semua manager bisa. buktinya massimo moratti di kubu intermilan... berapa duit dia keluarkan buat belanja pemain top kelas dunia, tapi apa inter bisa maju? nope. cuma sekarang aja ketika moratti mundur, iinter bisa sedikit bernafas lega d, bisa merangsek ke posisi 3 calciomercato. wakakaka.. (piss ya, ndra!!!)
sekali lagi, hail hail hail to geourgeus-lovely-handsome-coach : Jose Mourinho!!! xixixi, abis bapak satu ni ganteng kali pun. dingin dan tajam. matanya.. aww. 41 years old. tuwa2 mantab gituw xixixixi. hey, ndak tendensius lo ya ni kalo aku terus suka chelsea.
sama seperti pendapatku tentang delon. lha, kalo seseorang punya tampang cute n kece tapi berprestasi.. why not? itu kan sebuah nilai plus. asal ga disikapi secara piciq ajah.
lho kok jadi ngomongin delon ya?
wax.. hail to chelsea... !!! milan... yaa...selamat berjuwang lah. aku tetab setiya kok.. abis kamu nggemesin banget c! bikin khawatir ajah kalu liat milan. gol2nya tipiiiiiiiiiiiiiizzzzz

jalan2 ke pasar kranggan ....

jalan-jalan ke pasar kranggan, jangan lupa beli durian. mumpung masih hari lebaran, ajenx salah mohon dimaapkan. meskipun telat menyampaikan, yang penting maksud hati kesampaian.
met lebaran, teman!!! ^_^
lebaran hari keduwa.. semua kewajiban sebagai orang muda untuk menghaturkan sembah bekti pada orang2 yang lebih tua telah ditunaikan. perjalanan pulang kembali ke realitas.. ke rutinitas. dari solo ke jogja perjalanan lumayan lancar juga, hampir ga kejebak macet c. dua mobil keluargaku lancar2 aja jalan beriringan. heran juga. dibanding lebaran 2 taon lalu jalan bener2 lengang gituw. tapi yah, teteb ada bencana minor. tiba2.. di daerah delanggu ban mobilku meleduq!! xaxa dan ban serep pun kempes gitu loch. akhirna setelah nyari2 dengan cemas ketemu de satu tempat tambal ban kecil di pinggir jalan. pertamanya aku lumayan skeptis juga ngeliat kecilnya t4 itu. bisa ndak ya nanganin ban mobil bocor?? tapi ya itu tadi, lagi2 pepatah don't judge a book by its cover itu terbukti. kecil2 gitu tapi lengkap bow, pirantinya, ngalah2in tambal ban bejo di deket rumah yang biasa nangani ban2 truk gedhe.
pemiliknya adalah sebuah keluarga kecil yang kayanya c juga tinggal di situ. sepasang suami istri muda sederhana dan seorang anak lelaki kecil. rumahnya bener2 sederhana.. hanya sebuah barak seng berukuran 2x3 meter ditambah ruang untuk bengkel yang juga menampung dipan dan meja dapur kayanya.. wong ada termos dan tempat nasi segala macem. ketika sang suami sedang mengerjakan ban kami si istri ini memperhatikan dari tepi dipan bersama sang anak yang kadang2 membantu ayahnya tapi akhirnya tertidur kelelahan di dipan di samping ibunya.
sebuah potret suasana lebaran yang sungguh2 lain menurutku. sama sekali ga ada bau2 pesta ato perayaan di situ.. tapi anehnya juga tidak ada aroma derita kemiskinan... xixixixi. kecuali suasana minimalis itu tadi c. sang ibu juga tetap keliatan ceria banget dan kooperatif diajak ngobrol, cerita tentang kenakalan2 anaknya semata wayang. aku ngeliat binar semangat di matanya, dan sikap memuja dan mesra ketika menatap suaminya.. yang terlihat sangat kompeten ngurus ban2 segedhe gajah ituw. awww..xixixi. meskipun di hari di mana orang2 pada berpesta pora mereka tetap harus banting tulang sampe malem buat cari uang.. hmmm. ntah kenapa jadi tersentuh.. xixixi. palagi ketika ngeliat binar si ibu waktu diberi sekotak kue kering .. rasanya jadi bersyukuuur banget gituw.
xixi, jadi kepikiran.. begitu beragamnya makna lebaran bagi orang2 ya. buatku pribadi c lebaran berarti mudik ke solo. lontong opor. ketemu keluarga besar.. sungkem. standard lah. tapi buat orang2 lain, apa? pasti macem2. ada yang duniawi.. ada yang lumayan religius dan ada yang dikotomis, di tengah2nya. lebaran berarti saat pamer ke sanak sodara? weits, duniawi banget tuh. tapi kurasa banyak banget yang masih berparadigma seperti itu. xixixi.
lebaran kali ini c rada beda buatku, soalnya begitu banyak sodara yang musti dikunjungi. berhubung keluargaku yang dari papa keluarga solo asli yang 'mriyayeni' jadi yaa tradisi sungkem sambil bersimpuhnya masih kuentel banget. taon ini ga seperti taon biasanya pergi ke tempat eyang buyut.. yang kebetulan masih sugeng (tinggal eyang putri c) . terkesan banget aku ngeliat beliaunya. jarang ketemu c, tapi seingatku tetep cantik kaya dulu meski dah tuaaaaaa banget. layaknya putri2 solo lain, masih setia dengan kebaya dan sanggul bahkan dalam kehidupan sehari2.. ngomongnya lembuuut, dan halus. sinar matanya masih ramah seperti dulu. yang bikin rada tercengang ya nasihat beliau ke aku .. tegas dan tanpa tedeng aling2 : jangan nikah dulu!!! tanda seru tiga kali, plus masih ditambah lagi : kalo pacaran jangan mempeng2, cari kerja dulu yang mantep, sukses baru nikah!!! xaxaxaxa, padahal sepupu2ku yang lain yang sepantaran ga diomongi kayak gituw.. (hmm.. fenomena apa ya niy?). aneh gitu lo, kalo yang lain kan biasanya ditanyain.. kapan ni nikah? ato mana calonnya kok ga dibawa dst dst, lha aku kok ndak ditanyain gitu ya?? malah dipenging jangan nikah cepet2. xixixi. iya c, katanya kalo ketemu keluarga gitu yang paling bikin rikuh kalo ditanya kapan nikah.. tapi aku jarang ngalamin c. yang bikin rikuh tu kalo dah ketemu keluarga besar ato dikenalin ke kerabat lain gitu mesti pake diembel2i... "nii, insiyur kita.. besok tante dibikinin rumah ya jeng.." ato "wah, uda insinyur tapi kok masih kecil gini c??" biasanya cuma bisa mesem2.
wax..tapi seru. and above all.. banyak makanan!!!! xaxaxaxa ngemil teyuz. coklat, kastengel, mete ... duniawi skali ya?? uhuhuhu.
ben lah ben.
selamat lebaran semuanya...
happy holidaay!!!

Saturday, November 13, 2004

holi-deeee

menjelang hari2 orang pada liburan.. mulai de, hari2 menjadi individualistis. lho... kok?? lha iya, liburan berarti saat untuk lebih mengurus diri sendiri.. ato setidaknya, saat untuk berganti aktivitas, dan rutinitas. many of us prefer to keep in touch with anybody else, dengan diversifikasi obyek yang di-touch-i. tapi ada juga yang menggunakan saat seperti ini untuk 'resign' dari semua aktivitas dan relationship. ada yang dengan sukarela meresignkan diri, ada juga yang ga punya pilihan lain.
aku? xixixixi ... aku kan cuma pengamat ajah. xixixi. kebetulan c, bukan hari raya agama di KTP-ku, jadi ndak ada ritual apapun kecuali sungkem yangkung yangti, mbahakung mbahuti yang masih lengkap keempat2nya (thanks god...)
yang jelas, persiapan untuk holi-d kali ini uda lengkappp. berhubung besok2 pasti banyak tempat yang ndak buka, so jauh hari uda siap.. isi pulsa (meskipun mepet), belanja cemilan (meskipun sebenernya ndak perlu khawatir soale parcell n kue kering dah bejibun numpuk di rumah ^_^), n de final touch... xixixi beli buku. baru sempet hari ini see.. n it's just about the right time! karena di toko buku langganan saya ituw, besokna dah ndak bukaa... fiiuuhhh.
setelah hampir 45 menit bolak balik menyusuri rak2 buku, meneliti dengan seksama resensi demi resensi.. ntah knapa kali ini waktuku lebih banyak dihabiskan di rak buku filsafat. hmmm... aya naon teh? xixixi. dan akhirnya dengan hati yang 60% yakin, saya memboyong 2 buku itu ke meja kasir... karena saya ingat di depan toko tadi tertulis... hari ini tutup 17.00, dan jam sudah menunjukkan 16.20 gituw.
civilization and its discontents-na sigmund freud sama strukturalisasi ala levi-strauss. kenapa freud? hmm, ya aku punya satu buku terjemahan freud yang judulnya 'teori seks' tapi aku ga puas gitu loch. di situ pemikiran si biang psikoanalis ini cuma terkotak pada jendela teori seks ajah. (tapi ya, emang itu toh sebenernya pangkal tolak pemikiran dia...) makanya aku pengen tau, apa dia berhenti hanya di situ aja ato dia punya 'sesuatu' yang lain... soalnya aku juga pernah baca konsep id, ego dan superego-nya freud itu diinterpretasikan secara amat sangat dangkal oleh seorang penulis dari negeri antah berantah..xixixi. makanya, apa freud sedangkal itu??
ya gitu de... sekali lagi dengan keyakinan yang cuma 60%.. setelah traumaku akan buku terdahulu yang kubeli (tuhan tiri) ya rada pikir2 gituw.. xixixi. that's why it took 45 minutes to decide. dan apa yang terjadi? xaxaxa. waktu lagi antri di depan kasir mataku tertumbuk pada sebuah buku yang sedikit nyelip di antara buku2 di bawah plang new release... covernya item.. tulisannya silver... (ga kebaca, lagi ga pake kacamata soalna xixixi) hmmmm... dari covernya aja uda mengusik rasa ingin tahuku. kudekati, dan dengan bersemangat mataku juga tertumbuk pada buku kecil di sampingnya, cover kuning meriah dengan lukisan abstrak di depannya. waw.. serta merta tanpa pikir panjang langsung aku berjalan kembali menuju rak filsafat dan mengembalikan si freud plus levi-strauss itu tadi, dan (kali ini) dengan semangat 80-an langsung membayar dua buku item dan kuning tadi ke kasir.. dan .. pulang. ^0^
waktu batu (andri nur jati, gunawan maryanto, ugoran prasad). dan satu lagi, no places in the marshes (terry mcdonagh.. alih bahasa sapardi djoko damono). kenapa? kupilih dengan alasan yang sebaiknya kusimpen ndiri. xaxaxaxa, sebuah alasan sederhana yang pastinya bakal bikin para sastrawan, penikmat sastra.. dan terutama penulisnya, untuk sedikit banyak tertawa sinis (ato menangis miriz?). xaxaxa... makanya, jawaban kenapanya mending kusimpen sendiri ya? xixixi.
" di antara dua susuku, kepalanya menebar kerinduan, yang entah mengapa, selalu putus asa. kubelai rambutnya yang hitam, yang dari setiap helainya berisi dendam. kepingin kuberikan sebanyak kedamaian yang ada, tapi kedua tanganku ini terlanjur didera dosa. dari kepalanya aku membaca peta-peta dari raja-raja yang tumbang. kubaca negeri-negeri yang terbakar. kubaca kesedihan yang berlarat dalam kidung-kidung yang dinyanyikan burung-burung hantu ..." ^0^
" if i lose my sense of place, and my way in the wind, i'll look up - that's it! i'll look up ..."
dan aku pulang.. dengan senyum puas. dan ting tong ... datang sms dari seorang teman lama.. ah, nostalgila selalu menyenangkan, bukan begitu benar teman lama???

btw.... met lebaran yaaa semuanya!!! maap atas smua kesalahan saya. sori, sengaja... xixixixixi.


Friday, November 12, 2004

u vs he... but who's he???? ....

aku ingin cinta... yang independen. mandiri. tak bergantung pada siapapun, apalagi pada apapun kecuali pada cinta itu sendiri. aku ingin cinta yang tak bergantung pada kehadiran, pada sentuhan, pada gairah, pada nafsu. pada komitmen. hell with that!
aku ingin mencintai'nya'... tak peduli 'dia' ada di sampingku atau tidak. tak peduli 'dia' milikku atau bukan. aku ingin dicintai'nya' tanpa peduli apa 'dia' pernah melihatku atau belum. aku ingin dicintai'nya' karena aku... bukan karena ke'ada'anku.
bukan cinta yang muncul karena pembiasaan. bukan pula cinta yang muncul karena kalimat "saya terima nikahnya ..." .bukan cinta yang berjalan karena komitmen, bukan pula cinta yang hadir melalui sentuhan, pelukan dan kecupan.. cinta yang sekedar cinta. itu saja inginku. sederhana bukan? xixixi
aku tak ingin semua kata2 indah'mu' itu. maaf. aku tak bisa...
'kamu' menawarkan terlalu banyak. sementara yang kuinginkan hanya 'dia' dan cinta'nya'.
hey, 'kamu' .... maaf, aku sedang tidak berminat untuk disakiti lagi. mungkin nanti... ya. but obviously not now.
"Siwa mengajak Uma bercinta. Tapi Uma menampiknya: tidakkah kau lihat sore sedang tumbuh di antara gerai gerimis? Tidak! Jawab Siwa, aku tidak melihatnya! Siwa mengejar. Uma menghindar. Demikianlah sampai Uma menjatuhkan serapah: Anjing! Bercintalah dengan malam! Sampai Siwa menjatuhkan kutuk: Anjing! Aku tak mau bercinta dengan ibu para siluman! Dan keduanya berubah menjadi sesuatu yang menakutkan. Suatu ancaman bagi para pejalan. Bagi para kesepian. Bagi para kesalahan. Bagi para kelelahan. "
_cetak miring oleh waktu batu. kisah2 yang bertemu di ruang tunggu_

Tuesday, November 09, 2004

d'ya know what i mean?

Damn my situation and the games I have to play with all the things caught in my mind Damn my education I can't find the words to say About the things caught in my mind
_don't go away_
I'm not saying right is wrong. It's up to us to make the best of all things that come our way. And all the things that came have past. The answer's in the looking glass. There's four and twenty million doors down life's endless corridor. Say it loud and sing it proud and they... will dance if they want to dance. Please brother take a chance. You know they're gonna go which way they wanna go. All we know is that we don't know what is gonna be. Please brother let it be life on the other hand won't let you understand why we're all part of the masterplan
_the masterplan_

kenapa gitu loch? selalu always kagak pernah never xixixi, everytime denger musiknya oasis. merinding gituw, rasanya. he'eh.. dan ya ada satu perasaan yang bergejolak di dada niy. dunno what. nnggg duo gallagher itu tau bener gimana cara mengeksekusi nada-nada dan menghasilkan suatu komposisi musik yang ..... mematikan. bagaikan sebuah requiemxaxaxaxaxa.
ga tau lah. too complicated to explain kayanya. powerful sekaligus males2an... maskulin, cold-blooded, dingin, simultan. apa lagi? jernih, smart, honest. punya kualitas lah. melodi mereka dapet. rhythm apalagi. permainan guitar bass yang ga sekedar 'mbalungi' komposisi musiknya... tapi jadi bagian penting dari harmoni yang susah ditemui di karya musik laen. jarang nemu solo performance masing2 personilnya c (maksudnya solo guitar ato solo drum gitu) tapi justru di situlah istimewanya. musik oasis adalah satu kesatuan yang ga menonjolkan skill masing2 individu. dalam perjalanannya semua berjalan beriringan. dan semuanya .... mematikan itu tadi. ga tau d, aku ga bisa nemu kata lain selain 'deadly' untuk jelasin arti musik oasis bagiku, bagi segenap panca indrawiku. xixixixi. cold-blooded assassin yang membawaku ke sebuah 'kematian' yang memuaskan. weh, opo maneh kuwi??? &$%@#!
pokoke cinta cinta cinta. ga bosen kalo seharian dengerin. xixixixi.
oiya ... ngomong2 soal oasis nee... HAPPY BIRTHDAY A'A BYMZ... mas bima-ku. my wonderwall xixixixi. nice 2 know u, nice 2 have u as a friend, as a big brother (??), as a lover ...(ouch, x-lover i guess...^_^). he's the one who really amazed me of his thought. wonderful. smart. free. revolusioner. different. dan kurasa dia yang paling banyak mempengaruhi pemikiran2ku selama ini. kami mungkin sejalan dalam hal diversivikasi pemikiran ; cara pandang dengan orang lain. mungkin juga kami berangkat dari trauma dan pengalaman yang sama, cuma berbelok di persimpangan yang berbeda. tapi justru di situ menariknya. kalo aku justru menemukan kesenangan dengan kondisi di mana aku bisa menggali apa yang masing2 kami temukan dalam perjalanan kami. it was fun. xixixi.
sekarang kayanya .. ehem... balik lagi ya? xaxaxaxa. smoga bahagia d, buat kalian berdua. n i hope she's de one 4 u. wish u only happiness. xixixixixi.

Monday, November 08, 2004

Adalah mencoba untuk memahami perasaannya, tidak hanya meminta dia memahami perasaan saya saja. Adalah juga melihat bahwa kata 'putus' sebenarnya tidak
membutuhkan alasan apapun (karena alasan apapun tidak akan membuat saya puas). Adalah mencoba menepiskan duka ketika melihat dia tersenyum. Adalah menghilangkan dendam waktu melihatnya bersama orang lain. Adalah belajar menghilangkan rasa posesif, untuk tidak egois dan sejenak melupakan harga diri.

hmm ... xixixi, ntahlah knapa. kata2 dari seorang temen ini bener2 menghentakkan ku dari tidur dogmatisku selama ini. dunno why. mungkin karena ... nng aku tak bisa? aku ga bisa memahami semuanya. aku selalu menuntut alasan untuk segala sesuatu. aku ga bisa menghilangkan sakit itu. aku ga bisa tidak merasa dendam. tidak bisa tidak merasa benci. padanya. yah, tapi yang pasti aku belajar. aku sedang belajar untuk membencinya... coz i've never felt this hatred with everyone else. dan hanya tuhan yang tahu betapa nyamannya berlindung di balik kebencian itu. aku ingin tak tersentuh... just to cover myself from another pain.
sampe kapan?
hell i dunno.

Saturday, November 06, 2004

analitis kata

siang ini, ngeliat sesuatu yang lumayan bikin shock juga c.. xaxaxa. jadi gini, siang tadi aku ngeliat cewek cowo boncengan pake motor jalan di depanku. si cewe ni rupanya atraktif kali, meluk2 cowonya n si cowo pun yaa dengan tampang cengengesan seneng2 aja gituw, nha, ketika benakku sedang sibuk menghakimi perbuatan mereka berdua yang kunilai kurang 'patut' itu (weh, katanya bulan puasa gitu loch ^_^)... eh, tiba2 kejadianlah.. cup! mereka kissing on the lips di atas motor, ga pake repot2 mikirin keadaan sekitar. buset dah, dalam hatiku. udah siang hari bolong, pwasa2, naik motor pula.. mending kalo naik mobil, ga keliatan. nha ini??? xaxaxaxa dalam hati aku cuma bisa ketawa, senyum kecut gituw. salut juga c sama kecuekan mereka. apa yang ada di benak mereka ya? xaxaxa. aku pribadi c, sulit untuk menjudge perbuatan mereka patut ato tidak patut. baik ato enggak...i know how's it feel gituw. dimabuk cinta, ga peduli sekitar. mungkin bahkan menurut dia tindakan itu sah2 aja, patut2 aja..
Xixixixi, tapi kejadian itu kembali membangkitkan sesuatu dalam diriku... membuatku kembali mempertanyakan hal yang dulu pernah terbersit juga. Sebenernya, definisi baik itu apa? Ato gimana c? Dulu aku pernah nulis kaya gini juga kayanya... hmm metode analitik macam Wittgenstein nee, mengutak atik arti/meaning dari suatu kata/bahasa.
Yah, tapi referensiku bukan dari si filsuf austria (wittgenstein) ini neh. Aku cenderung tertarik sama analisis George Moore tentang definisi ‘baik’ ini. George moore ini orang inggris asli, yang sedikit banyak menumbangkan tuduhanku terhadap pemikiran orang2 inggris yang selama ini kuanggap orthodoks dan dogmatis. Pada kenyataannya, si moore ini dalam hidupnya pernah beralih haluan dari aliran Kristen ultra-evangelikal menjadi seorang agnotisisme. Xixixixixi. Tendensius euy! Mungkin karena itulah aku jadi bisa ngikutin alur pemikiran dia.
ada beberapa definisi ‘baik’ dari beberapa versi. Kaum hedonis, misalnya.. berpendapat bahwa yang ‘baik’ adalah yang menyenangkan. Sementara aristoteles mendefinisikan sebagai apa yang bisa mengembangkan manusia. Lain lagi sama spencer, beliaunya ni berpendapat yang ‘baik’ adalah yang searah dengan hukum evolusi. Sementara kaum emotivis mendefinisikannya sebagai apa yang diinginkan, dan sedikit banyak bertentangan dengan paham metafisika yang menyatakan bahwa yang ‘baik’ adalah yang diperintahkan Tuhan ; apa yang membawa manusia ke surga. Dan kemudian thomas aquinas .. si teolog itali ini berpendapat bahwa yang ‘baik’ adalah apa yang searah dengan hukum kodrat. Soo... which one is closely yours anyway?
Xixixixi, kalo dikategorikan, definisi2 dari masing2 paham itu adalah ... bahwa paham kaum hedonis, aristoteles, dan spencer mengidentifikasi ‘baik’ dengan realitas dunia. And then paham metafisika dan aquinas menyamakannya dengan realitas non-duniawi. Sementara paham emotivis menjawab secara psikologistik. Tapiiiii ... semuanya punya satu kesamaan, kurasa. Yaitu mengacu pada : keadaan, pada sebuah kenyataan yang deskriptif. Padahal, sebuah ‘baik’ itu harusna kan mengacu pada sesuatu yang normatif, am i right? Karena sesuatu yang baik itu mengandung suatu keharusan yang harus dilakukan.
definisi yang dibabarkan paham2 itu won’t solve our problem, i tell ya... coba aja ditest dengan rumus tautologis (A=A) hanya kan menghasilkan putaran tak henti, just like sick cycle carousel. Spinnin’ round and round. Ambil aja contoh, mmmm paham metafisika : yang ‘baik’ adalah yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Sesuai dengan rumus tautologis maka perintah “berbuatlah sesuai kehendak Tuhan karena itu baik” jika diterjemahkan menjadi : “berbuatlah sesuai kehendak Tuhan karena itu sesuai kehendak Tuhan” . yatoh? Definisi itu ternyata ga menghasilkan solusi bagaimana baik itu sebenernya.
Trus, kalo semua paham yang menitikberatkan pada ‘keadaan’ itu tadi salah, apa dunk yang bener? Hhmmmm... yaa, i guess identification wasn’t the proper treatment for the word ‘baik’ yah. Mungkin karena dia adalah unsur atomik, yang ga bisa diurai lagi. Sesuatu yang primer ... ndak bisa dibagi2 lagi, untuk dirunut apalagi untuk dicari esensinya. (ini dari segi analitis kata lo ya)
Yang menarik adalah ketika moore menganalogikan kata ‘baik’ itu dengan kata ‘kuning’. Don’t u guyz realize that we can never explain what yellow is anyway. ‘kuning’ bisa melekat di mana2. di dinding, pakaian, bolpen, hewan, dll. Dan ga ada ‘kuning’ yang mengambang di udara kosong. Ia selalu melekat di wadahnya. Tapi ‘kuning’ sendiri ga identik dengan wahana ato wadahnya. Kita bisa menyebut ... bunga itu kuning, but we can’t do the contrary ... kuning itu bunga. Go on ... try to explain what yellow is ke orang buta warna kuning. Analisis / penjelasan apapun ga bisa buat dia ngerti bagaimana kuning itu. Lha meskio mbok jelasno tharik2 tentang berapa panjang gelombang elektromagnet yang menimbulkan rasa ‘kuning’ itu, they’d still won’t figure it out.
Kuning itu ‘warna’ .. dan baik itu ‘sifat’. Tapi warna yang gimana? Sifat yang gimana? Sama seperti kita yang dengan sendirinya tahu bahwa itu ‘kuning’, mungkin kita juga tau dengan sendirinya bahwa itu ‘baik’. Berarti ... termasuk sifat alami manusia yah? Nggak terdefinisi karena tak teranalisa. Tak teranalisa karena tak terbagi. Tak terbagi karena merupakan kualitas primer unsur atomik. Lain dengan kata ‘mobil’ misalnya. Mobil adalah jenis kendaraan beroda empat, berjalan dengan mesin, ada tempat duduk, stir dll. Bisa terdefinisi karena terdiri atas bagian2 yang sendiri tidak sama dengan mobil, tetapi dalam jika dikombinasikan menghasilkan ‘mobil’.
Mungkin yang masih bisa dilakukan hanyalah menarik garis ... mencari batasan2nya. It’s up to you now, ... mo sesuai patron sosial? Silakan! Toh, ntu juga yang dianut 99,9% orang di dunia ini. Meskipun seandainya boleh milih c, aku ga pengen terjebak di situ.
O iya... ada lagi. Sebenernya pernah juga diadakan penelitian tentang ini. Aku lupa2 inget juga c. Generally, ada 2 hal baik dan 3 hal buruk yang secara intrinsik kita punya. Generally lo niiy. 2 hal baik itu antara lain : pleasure of human intercourse sama enjoyment of beautiful objects. Sementara yang buruk : admiring contemplation on things which are themselves either evil or ugly, kebencian terhadap hal indah daannnn .... pain. Xaxaxaxaxa. Hhmm.. kok pain masuk hal buruk ya? Pain kan bagus gitu loch, untuk pendewasaan.... xixixixi, masochist niy jangan2! Ih amit2 deeeyyyy....

Thursday, November 04, 2004

marriage with children ....

all i can do is just ... laugh. when she said those words.. that day. xaxaxaxaxaxaxa. sorry katanya ... ah, bodo amat c. the world ain't over even when u grab all money 'n chance i have, miss! go on.. pliz, lakukan tugas dan kewajibanmu. xixixixi.
apa yang terjadi jika dunia penuh dengan orang2 seperti itu? tiran yang sok berkuasa menindas orang2 kecil without considering any other life surrounds him. hiding behind those system, cut people's head on his way. ah, yaa ... apa yang dicari c sebenernya? materi? kekayaan? kesuksesan? xaxaxaxaxa. picik! caranya tu looo... kasar banget. manuvernya ndak canteeeq blas! but unfortunately, jeng. the world's full of people like that. itu yang bikin dunia jadi tambah gerah aja sekarang. yang ada di benak orang2 hanyalah bagaimana cara dia dapet tambahan satu dua sen lagi sehari dengan cara apapun. aww. ya uda lah. no offend lo, no hard feeling either. uda biasa kok. ^0^
ya aku ngerti c, mau marah2 yo percuma, mo ngamuk yo cuma ngabisin tenaga ajah, mo nangis yaa... apa c? penting ga c gituw lo?
kalo emang jalan yang diambil terpotong di tengah2 .. kan ya mustinya aku bisa berbesar hati untuk berbalik arah ato ambil jalan lain yang sapa tau.... lebih baik, lebih muluz dan udaranya lebih sueger. bukan begitu benar? tidak selamanya kita dapatkan apa yang kita inginkan.
ayooo ... ayooo ambil peta 'n kompas, n we start or trip all over again. ya mput ya? ya mas rey ya?? yatoh mas abi? it's always nice to know u all. pasti ada jalan lain buat kita semua... (kita??? sapa elu??... *kata mput*) xixixixixixixi.
ps. taman kota ........... ugo???? iya neeeh, kangen euy denger suaranya. (xixixixi, penting ga c?)

Monday, November 01, 2004

agnostik = atheis? >< komunis >< agamis ???

menarik, kalo nyimak perdebatan tentang agnostik. jujur aja c semept juga terlintas pertanyaan ... apakah aku seorang agnostik? ouch, obviously.... it's kinda question i dare-not to ask widely open, xixixixi.
so .. i've learned that nothin' in this fake world is perfect, dan itu membantuku untuk menghilangkan fanatisme berlebihan terhadap segala sesuatu. fanatisme hanya melahirkan sikap chauvinisme, dan hanya diperuntukkan bagi orang2 yang berpandangan sempit! itu menurutku, c..
dibesarkan dalam keluarga yang moderat sedikit banyak membantuku untuk bersikap terbuka, luwes 'n fleksibel (narsis ^_^) terhadap perubahan dan juga hal2 baru di luar keyakinan dan prinsip dasar. well, maybe there're many people outthere who thaught the same as i do. orang2 yang mulai muak dengan fenomena agama yang diper'tuhan'kan? ketika peran agama mulai bergeser, dari sesuatu yang diyakini bisa membawa kedamaian dan kebahagiaan... menjadi sebuah aturan, sebuah alat pembatas gerak manusia ... dan lebih jauh lagi, menjadi alat efektif untuk lebih mengkotak2kan manusia. am i right?
dan semua perubahan paradigma yang salah kaprah itulah yang kemudian berimplikasi langsung pada wajah dunia. aku bukannya menyalahkan ajaran agama itu sendiri. mungkin perbedaanku dengan orang2 agnostik adalah, aku tidak sepenuhnya skeptis terhadap ajaran agama, tapi aku muak pada orang2, banyak individu2 yang menyikapi ajaran tersebut secara salah kaprah. buatku, semua agama itu baik... pada dasarnya. tinggal bagaimana orang yang menjalankan, dan menginterpretasinya toh?
adanya konsep dosa, surga dan neraka.. serta dogma yang terus menerus didengungkan tentang sistem stick and carrot (baca : reward n punishment), menurutku membuat orang 'takut' hanya kepada neraka (baca: takut berbuat dosa karena takut masuk neraka) ato berbuat baik, hanya karena ingin mendapat pahala, karena ingin pujian. see? hanya di permukaan aja gitu loch. sama seperti orang melakukan kewajiban tanpa berusaha merunut ke dalam, ke esensinya. bukankah itu namanya diperbudak dan terperangkap oleh kewajiban dan juga prinsip? and i can assure u, konstruksi berpikir seperti ini hanya akan menghasilkan sesuatu yang temporer.
inilah kurasa yang ingin didobrak oleh orang2 agnostik. mereka memang secara ekstrim tidak mengakui adanya konsep 'dosa'. karena mereka tidak mau repot2 meyakini sesuatu yang kasat mata. mereka tidak meyakini adanya hukuman, karena mereka tidak ingin terjebak dalam konstruksi berpikir layaknya robot, yang 'takut terhadap hukuman', ikut aturan dan hukum yang berlaku tanpa bisa memikirkan esensi apa di balik aturan tersebut. xaxaxa, i like it. gw banget gitu loch...dalam hal ini aku akui, aku emang sedikit agnostik lah... xixixi
ada sementara anggapan bahwa dengan tidak mengakui konsep dosa, orang2 agnostik bebas melakukan apapun, dan oleh karenanya moralitasnya diragukan. ah ... moralitas apa? di sinilah hebatnya konsep agnostik, aku bilang c. dengan kebebasan berpikir mereka, mereka justru jauh dari tindakan2 amoral. ada penelitian yang membuktikan bahwa orang2 agnostik memiliki kecenderungan tindakan amoral yang lebih kecil dibanding orang2 biasa yang mengaku agamis maupun komunis. cause they do believe in conscience. ya, suara hati. orang lain mungkin tidak akan membunuh seseorang, karena takut dosa, takut dihukum. tapi orang2 agnostik tidak akan membunuh seseorang karena mereka tahu akibat dari tindakannya. tindakan itu tidak baik. itu aja. kurasa itu logis ... karena secara bawah sadar (tanpa diembel2i kata dosa) manusia tahu persis apa yang baik dan tidak baik.
pemikiran agnostik adalah pemikiran orang2 yang logis. sekuler.tapi tidak seperti orang2 atheis. mereka bukannya tidak mengakui adanya tuhan, pemikiran logis mereka berada di tengah2 antara atheis dan agamis. agnostik menyatakan tidak cukup bukti untuk menegaskan atau menolak adanya tuhan. tetapi mereka juga menyatakan bahwa eksistensi tuhan bukannya tidak mungkin... weh, dikotomis skali bukan? di sisi inilah aku ga setuju. i do believe in god. aku tahu tuhan ada, di mana2, mungkin bukan tuhan dengan konsepsi sebagai dzat pengadil dan tak tersentuh, tapi tuhan... yang kupercaya yang membawa kebaikan dan cinta kasih buatku dan sesama. tuhan yang selalu setia (meskipun aku tak setia padaNya ..hiks), tuhan yang tahu apa yang terbaik untukku. tuhan yang jadi sumber jawaban dari semua pertanyaan, dan tuhan yang tidak perlu dibela dan diberi fanatisme yang terlalu berlebihan. xixixi.
jadi, aku tu sebenernya apa dunk? agamis ... ato agnostik? weh, ini neh... kerangka berpikirnya dah mulai mengkotak2kan sesuatu... xixixi. agama sebagai sistem etika, bolehlah ... tapi bukan sebagai sistem dogma. hehe, seperti kata seseorang, " kita sedang berevolusi. prosesnya bisa diperlancar dengan berhenti menggolong2kannya. ga usah repot! ..." xixixixixi.