Tuesday, September 28, 2004

justasmallthought

tentang perbedaan ... wah, nggak ada abisnya nih. baru aja 'kesentil' dengan perkataan salah seorang temen. bagaimana mungkin 2 orang yang sama sekali berbeda bagai bumi dan langit bisa berjalan beriringan, dan bahkan menyatu?? kemana perbedaan itu pergi ketika 2 benda, 2 pribadi, 2 individu menyatu? apakah dia melebur jadi satu.. ato dia hilang begitu saja tak berbekas? teori lawas yang selama ini kupercaya adalah, lah ... bukanlah perbedaan itu yang bikin hidup lebih hidup ?? bukankah itu gunanya 2 pribadi yang berbeda dipertemukan ? untuk saling melengkapi satu sama lain. mungkin emang ada akulturasi antara keduanya. ada peleburan, ato bisa juga ada dominasi, intimidasi dari satu pribadi terhadap pribadi lain. tergantung c ...
aku ingat, pada suatu saat seorang temenku bilang ... "aku dan dia (pacarnya,_red) beda dari segi a-z ... " yah,meskipun waktu itu aku mikir, berlebihan banget ga c ... hehehe. dan beberapa hari kemudian aku dengar dia bilang ... "tapi nggak ada yang lebih ngertiin aku selain dia, dia ngertiin aku lebih dari aku ngertiin diriku sendiri... "
ya kan?? ntah kenapa aku ngerasa aneh aja dengan statement yang sambil lalu kayak gitu. tapi anehnya di mana ya??? hehehe. tapi mungkin itu yang disebut perbedaan yang dimengerti, yah? perbedaan yang bisa dipahami. (opo meneh kuwi...) hee mungkin ga c 'perbedaan' dan 'pengertian' muncul pada saat yang sama? kalo mungkin c mungkin, tapi itu kan kondisi ideal. dan untuk menuju ke idealisme itu emang butuh proses.
aku pribadi ... nggak pernah, ato jarang memusingkan adanya perbedaan (sepertinya). dalam hubungan cinta, ato hubungan sesama temen jarang aku mempertimbangkan perbedaan itu sendiri. yah, mungkin terkesan ceroboh dan nggak mikir jauh ke depan. tapi sebenernya ga juga c menurutku. aku pikir ketika aku memulai hubungan, baik itu hubungan temen, kerja, cinta, keluarga... aku dan dia, ato aku dan mereka pasti punya 'sesuatu' yang kupandang worthwile, so that i could related to them. nah, sesuatu itulah yang kupegang erat erat. maka ketika pada akhirnya di tengah jalan aku, kami menemukan perbedaan ... itu nggak akan jadi masalah yang berarti banget. buatku lo ya. aku selalu siap dengan kompromi, always. sebenernya yang diperlukan dalam mengatasi sebuah perbedaan menurutku ada a will. kemauan untuk berjuang bareng mengatasi, melebur dan menyatukan segala perbedaan itu. dan selama ini emang, aku belom menemukan seseorang yang punya 'mental' yang cukup kuat untuk menerjang batu karang berwujud perbedaan ituh. wuehehehe.
hehe... (kayaknya pengalaman pribadi neh) hehe, dealing with differences .. sih kalo buatku personally selalu terkait dengan yang namanya ... keyakinan. yupp. daridulu selalu jadi bahan pemikiranku, kenapa setiap kali aku in a relationship with someone ... selalu berbeda keyakinan. hahahah. emang c.. aku ga pernah menetapkan adanya barrier dalam memulai hubunganku.
dah ah, sambung lagi besok dah ....
lagi ga bisa mikir.