Sunday, September 19, 2004

about 'pain'

dulu banget aku pernah denger cerita, tentang seorang olahragawan yang berlatih angkat beban. dalam latihanna dia terus mengangkat dan menurunkan bebanna bahkan sampai wajahna sangat tegang dan pembuluh darahna bertonjoloan. tapi ia tetap meneruskan latihanna sampai pada titik tertentu i berhenti..
why did he do that anyway?? he said, "... hampir smua manfaat latihan datang pada bagian paling akhir." saya berusaha mengembangkan kekuatan. dan itu baru terjadi sesudah serat otot pecah dan sistem saraf nyeri. lalu alam mengimbangi secara berlebihan sehingga sistem saraf dan serat tersebut dibuat lebih kuat ..."
oi, ada sesuatu yang menarik di sini. statement itu bisa dianalogikan dengan ... apa ya?? hmm, sistem emosional kita. tentang pencapaian kadar emosional yang dibutuhkan (yang aku butuhkan). prinsip tentang serat otot itu juga bekerja pada otot emosional juga, seperti kesabaran... kalo kita melatih kesabaran di luar batas yang kita lewati, maka serat emosional akan pecah ... alam mengimbangina, dan esok hari ... serat tersebut akan jadi lebih kuat dari sebelumna.
see?? prinsip yang bagus ... aku suka itu!!! :D bisa diimplementasikan ke suatu hal lain, for sure. contohnya ... nngggg.... pain. rasa sakit. selama ini aku cenderung untuk 'menghabiskan' rasa sakitku.
ekstrimna ... dan burukna ... aku cenderung memikirkan yang terburuk, dan membiarkan rasa sakit itu keluar, seperti nanah. istilahna adalah menghabiskan nanah yang ada ... sampai luka itu mengering dan nantina menutup lagi. memang ... ketika rasa sakit itu datang, kita nggak bisa dengan mudah mengontrolna.
tapi justru di sinilah letak kekuatan perubahan paradigma, menurutku. serat emosional itu baru akan jadi lebih kuat jika kita menggunakan rasa sakit yang hebat sebagai senjata mematikan.. not for a revenge. tapi bagaimana kita memandang rasa sakit itu bukan sebagai bencana, atau cobaan; tapi justru sebagai berkah untuk menguatkan diri kita menghadapi rasa sakit yang berikutna.
I've been through this, so i'm gonna pass the other one. ada juga c yang pernah bilang "no temptation except what God has laid on you ..." atau, "Tuhan takkan beri sesuatu yang tak bisa ditanggung oleh manusia. karena Ia mengasihi kita ..." kya kya kya..
_miauw_